Wujud Asli Karakter Fauna dalam Serial “Spongebob Squarepants”

karakter-spongebob-dunia-nyata

SAINS INSPIRA,- Spongebob Squarepants menjadi salah satu kartun yang digemari masyarakat Tanah Air. Semua kalangan menikmatinya, dari muda hingga dewasa.

Sekumpulan karakter unik dan memiliki ciri khas masing-masing menjadi daya tarik tersendiri. Latar belakang di bawah laut juga jadi keunikannya.

Sebagian dari kita mungkin sudah mengetahui bahwa seluruh karakternya merupakan hewan di dunia nyata, atau bahkan benda, seperti misal Spongebob, karakter yang tampil sebagai alat alat pembersih spons.

Ada pun karakter Patrick dan Sandy, dua sahabat Spongebob yang kita ketahui sebagai bintang laut dan tupai.

Lalu bagaimana dengan karakter lainnya? Di tulisan ini, kami akan rangkum beberapa makhluk laut yang menghiasi serial televisi Spongebob Squarepants.

Are you ready, kids? Aye, Captain!

1. Nyonya Puff

Nyonya Puff adalah guru mengemudi Spongebob. Bila dilihat, dia digambarkan sebagai seekor Ikan buntal. Di dunia nyata, ikan buntal merupakan ikan yang termasuk famili Tetraodontidae. Dapat ditemukan di perairan air asin maupun air tawar.

Ciri-ciri ikan ini adalah memiliki tubuh panjang dan berduri, kepala bundar, bibir menonjol dan perut besar serta tak memiliki sisik. Selain itu, ia memiliki kemampuan mengubah arah saat berenang dan bahkan berenang mundur

Ikan ini memiliki kemampuan uniknya yakni bisa menggembungkan tubuhnya hingga 3 kali ukuran tubuhnya dalam posisi terancam. Selain itu, merupakan salah satu hewan paling berbahaya di dunia. Masih bisa dikonsumsi dengan cara khusus untuk menyingkirkan racunnya.

2. Bubble Bass

Karakter yang muncul di salah satu episode Spongebob, ketika dia menyembunyikan acar di bawah lidahnya dan ulahnya membuat Spongebob sempat tak percaya diri lagi.

Ternyata, di dunia nyatanya dia adalah seekor ikan peacock bass atau ikan Pbass. Pbass merupakan salah satu jenis ikan predator yang cukup banyak di gemari.

Ikan hias air tawar ini merupakan salah satu ikan terbesar dalam family cichlidae dan berasal dari perairan di benua Amerika.

3. Pearl

Karakter yang diceritakan sebagai anak dari Mr. Krab. Bisa dibilang bentuk tubuhnya dapat kita tebak, dia adalah seekor Paus Biru.

Paus Biru merupakan hewan terbesar di dunia dan dikenal paling berisik dengan suara sonarnya kembali terlihat di perairan pulau Georgia Selatan, Atlantik.

Pada abad ke-19 dan ke-20 populasi Paus Biru ini hampir punah di seluruh samudera dunia. Awalnya, perburuan paus ini sulit dilakukan.

Namun, setelah ada perkembangan teknologi dengan penemuan mesin peluncuran uap dan senjata tombak peledak, maka hasil tangkapan ikan naik drastis. Sampai saat ini, paus ini masih masuk kategori hewan yang terancam punah.

4. Kevin C. Cucumber

Karakter yang muncul dalam sebuah klub berburu ubur-ubur. Ternyata, aslinya pun dia merupakan makhluk hidup yang nyata.

Teripang, trepang atau timun laut adalah istilah yang diberikan untuk makhluk invertebrata holothuroidea yang dapat dimakan. Hewan ini tersebar luas di lingkungan laut di seluruh dunia, mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam terutama di Samudra

Selain itu, hewan laut nan kenyal ini bisa dikonsumsi dan memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Flats the Flounder

Flats Merupakan karakter ikan dengan bentuk gepeng yang diceritakan sebagai teman lama dan salah satu yang dihindari oleh Spongebob. Dia karakyter berdasarkan hewan flatfish atau ikan sebelah

Ikan Sebelah memiliki bentuk badan pipih (lateral), mulut lebar posisi terminal dan kedua mata berada pada satu sisi tubuh bagian atas.

Ikan ini berenang di atas dasar, kadang menyembunyikan diri di dasar pasir atau pasir berlumpur, termasuk ikan predator, jenis makanan ikan kecil dan Benthos. Warna umumnya coklat kemerahan.

Umumnya mereka berukuran 50 cm, namun bisa mencapai panjang 64 cm. Sebutan ikan sebelah berasal dari tiga famili, ialah: Bothidae, Psettodidae dan Paralichthydae. Spesies yang paling umum adalah Psettodes erumei. (ANG/SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password