Viral Video Pria Menendang Sesajen di Gunung Semeru, Begini Respon Kemenag

BANDUNG INSPIRA,- Viral sebuah video yang menampilkan aksi seorang pria menendang dan membuang sesajen di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Aksi tersebut mendapat kecaman dari warganet di media sosial.

Video ini viral usai diunggah oleh sebuah akun twitter @Setiawan3833 di Twitter pada hari Sabtu (8/1).

Ini yang membuat murka Allah, jarang sekali disadari bahwa inilah yang mengundang murka Allah hingga menurunkan adzabnya,” ucap lelaki dalam video.

Merespon kejadian itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lumajang Muhammad Muslim mengeacam tindakan pria yang ada di dalam video itu.

Menurutnya, tindakan tersebut mencederai kerukunan di Lumajang.

“Kalau itu betul di Lumajang, saya sangat menyesalkan peristiwa itu,” katanya.

Ia menilai tindakan dalam video itu telah mencederai kerukunan beragama yang selama ini sudah disepakati antartokoh agama di Kabupaten Lumajang.

“Yang saya lihat itu ada di semacan stupa, kalau itu betul berarti (punya) orang Hindu,” katanya.

Menurutnya, tindakan pria berlebihan dan tak perlu dilakukan karena menyakiti hati warga. Apalagi, perbuatan itu dilakukan sengaja dan direkam dengan video.

“Artinya ada tindakan kesengajaan dari dia untuk menimbulkan hal-hal yang tidak kondusif di Lumajang,” papar dia.

Selain itu, yang memprihatinkan, peristiwa itu terjadi di saat masyarakat terdampak bencana erupsi dalam proses pemulihan. Seharusnya, kata dia, warga dalam video tersebut lebih bijak dalam bertindak dan melihat kondisi masyarakat. (GIN)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password