Langka, Rekaman Video “Gurita Kaca” di Laut Dalam Terpencil

Gurita Kaca
© Live Science

SAINS INSPIRA,- Kehidupan laut dalam (deep sea) yang super gelap menyimpan banyak makhluk menyeramkan dan beragam spesies yang misterius.

Para peneliti dari Schmidt Ocean Institute berhasil merekam “gurita bertubuh kaca” di laut dalam.

Makhluk ini sering disebut sebagai Glass Octopus atau Gurita Kaca (Vitreledonella richardi). Sebagian besar tubuh mereka transparan di mana itu juga berfungsi sebagai kamuflase agar dapat menghindari predator. Mereka bisa tumbuh dengan panjang rata-rata 11 cm hingga 45 cm pada spesies dewasa.

Melansir Live Science, Glass Octopus merupakan spesies gurita pelagis yang hampir transparan dan dapat ditemukan di seluruh dunia pada garis lintang tropis dan subtropis.

Baca juga: Hidup Ratusan Meter di Laut Dalam, Hewan Ini Malah Nyasar di Pantai

Bagian tubuh yang terlihat dari gurita ini adalah saraf optik, bola mata, dan saluran pencernaannya. Semua organ itu diorientasikan untuk meminimalkan bayangan dari bawah sehingga menjaga mereka tetap tersembunyi dari pemangsa.



Ilmuwan menjelaskan bahwa rekaman yang mereka miliki cukup langka karena diambil pada ratusan meter di bawah laut. Rekaman berdurasi 20 menit itu berhasil mempelajari gerakan makhluk menakjubkan ini di laut dalam.

“Ia terlihat di kedalaman 651 meter di sekitar gunung bawah laut pada kompleks terumbu Winslow di Tokelau Ridge di Phoenix Islands Archipelago (US EEZ),” tulis akun Instagram Schmidt Ocean Institute.

Phoenix Islands sendiri merupakan kepulauan atol karang (bagian dari Kiribati) pada Samudra Pasifik, 2650 km barat daya Hawaii.

Kita masih bisa melihat beberapa organ tubuh yang dapat terekam pada kamera. Biasanya, ilmuwan baru bisa meneliti makhluk ini setelah mereka menjadi spesimen di dalam perut hewan lain.

Kini, penemuan rekaman itu membuat ilmuwan dapat mempelajari Gurita Kaca dalam jarak dekat dan dalam keadaan hidup. (SON)

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password