Tuntaskan Puasa Qadha Ramadan atau Puasa Arafah Dulu?

RISALAH INSPIRA,- Memasuki bulan Dzulhijjah artinya sebentar lagi umat Muslim merayakan hari raya Idul Adha yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Terdapat puasa sunnah yang sangat dianjurkan pengerjaannya, yakni puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

“Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura [10 Muharram] menghapuskan dosa setahun yang lalu,” (HR Muslim).

Lalu, bagaimana jika kita ingin melaksanakan puasa sunah ini namun belum selesai meng-qada puasa Ramadan?

Dalam “Hukum Qadha Puasa Ramadhan Digabung dengan Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah” yang ditulis Alhafiz Kurniawan di NU Online, dinyatakan dua penjelasan.

Pertama, orang yang memiliki utang puasa wajib Ramadhan, sebaiknya melakukan qada puasanya sebelum memasuki waktu puasa Arafah, jika ia ingin menunaikan puasa sunah ini.

Namun, jika baru teringat akan utang puasa Ramadhan menjelang hari Arafah, ia tetap boleh mengerjakannya. Kedua, jika qada puasa Ramadhan ingin digabungkan pengerjaannya pada hari Arafah maka ia dapat merujuk ke pendapat Ibnu Hajar al-Haitami, ulama besar dari madzhab Syafi’i.

Menurut Ibnu Hajar al-Haitami, niat qada puasa Ramadan boleh digabung dengan niat puasa Arafah, dan orang yang melaksanakannya bisa menuai pahala keduanya. Pendapat tersebut juga dibenarkan oleh Sayyid Bakri bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi sebagaimana tertera di kitab I‘anatut Thalibin.

Puasa sunah pada hari-hari yang sangat dianjurkan untuk puasa memang dimaksudkan untuk hari-hari tersebut. Namun, orang yang berpuasa dengan niat lain pada hari-hari tersebut, maka dapatlah baginya keutamaan.

Ia menambahkan dalam kitab Al-I‘ab. Dari sana, Al-Barizi berfatwa bahwa seandainya seseorang berpuasa pada hari tersebut dengan niat qada atau sejenisnya, maka dapatlah keduanya, baik ia meniatkan keduanya atau tidak,” (Juz II, Hlm. 224).

Jadi berdasarkan pendapat dua ulama dari Mazhab Syafii di atas, hukum menggabungkan niat qadha puasa Ramadan dan puasa sunah Arafah adalah boleh. (GIN)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password