Tinggal Tunggu Perwal, Bioskop di Bandung Siap Buka Lagi

BANDUNG INSPIRA,- Sejumlah bioskop di Kota Bandung siap beroperasi menyusul adanya relaksasi yang diberikan Pemerintah Pusat pada Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dalam intruksi Mendagri Nomer 42 tentang PPKM Level 2, 3 dan 4 disebutkan bahwa bioskop dapat beroperasi selama memenuhi persyaratan. Syarat-syaratnya antara lain wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk skrining pengunjung dan pegawai, kapasitas maksimal 50 persen dan hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam pedulilindungi.id yang boleh masuk.

Disamping itu, pengunjung usia di bawah 12 tahun dilarang masuk. Pengunjung juga dilarang makan dan minum atau menjual makanan dan minuman dalam área bioskop serta harus mengikuti protokol kesehatan yang diatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Dewi Kania Sari mengatakan pengelola bioskop di Kota Bandung harus memenuhi persyaratan yang tertuang pada poin 6 Inmendagri Nomer 42 tahun 2021. Namun, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan koordinasi dari para pengelola bioskop.

Untuk itu, pihaknya akan segera mengingatkan pengelola bioskop untuk memenuhi persyaratan tersebut.

“Belum ada koordinasi, justru kita yang hari ini akan mengingatkan,” katanya saat dihubungi beritainspira, Selasa (14/9).

Baca juga: Bioskop Sudah Bisa Buka Lagi, Ini Syaratnya Menurut Luhut

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Jasa Usaha Pariwisata pada Disbudpar Kota Bandung, Edward Edo Parlindungan mengatakan setidaknya ada 14 bioskop di Kota Bandung.

“Semuanya sudah siap, namun tetap saja pembukaan bioskop harus berdasarkan Peraturan Walikota (Perwal) Kota Bandung tentang PPKM. Karena itu, kita menunggu Perwal tersebut,” ujarnya.

Ditambah lagi, dengan adanya relaksasi kepada bioskop, namun diakuinya pengelola tidak bisa membuka begitu saja karena harus ada persiapan kembali pasca dilakukan penutupan.

“Persiapan terkait penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) harus maksimal dan itu pastinya dibutuhkan waktu. Karena itu tidak bisa langsung membuka begitu saja. Namun, semua pengelola pastinya siap, tinggal tunggu Perwal dan juga kesiapan dari bioskopnya itu sendiri,” kata Edward. (TRI/SON)

1 Comment

Leave a Comment

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password