Tergerus Longsor, Akses Jalan Penghubung Dua Kecamatan di Bandung Barat Ditutup

longsor-bandung-barat

BANDUNG BARAT INSPIRA,- Kondisi jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Padalarang dan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), tampak memprihatinkan.

Jalan tersebut rusak akibat tergerus material longsor. Imbasnya, akses jalan menuju Saguling dan Cipongkor dari pusat pemerintahan KBB itu kini diberlakukan kebijakan buka-tutup.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo menerangkan, longsor yang menimpa Kampung Pasir Lengo, Desa Saguling, Kecamatan Saguling itu terjadi setelah kawasan tersebut diguyur hujan selama beberapa jam.

“Tanah di bawah jalan amblas menutup drainase dan menyebabkan setengah bahu jalan menggantung. Longsoran memiliki lebar 7 meter dan tinggi 12 meter,” terang Duddy, Minggu (21/2/2021) sore.

Menurut Duddy, longsoran tanah di bawah bahu jalan ini terjadi karena terus diguyur hujan sehingga kondisi tanah menjadi labil. Selain itu, volume kendaraan yang ramai melintasi jalan turut memicu pergerakan tanah.

“Seperti kita ketahui, kemarin hujan terjadi cukup panjang, kemudian tanah di lokasi tersebut labil,” katanya.

Saat ini jalan masih bisa dilalui kendaraan roda dua maupun mobil, namun hanya setengah badan jalan. Buka-tutup lalu lintas dilakukan sebagai antisipasi adanya longsor susulan dan menghindari jalan beton amblas.

“Motor dan mobil masih bisa melintas tetapi harus bergantian. Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR agar segera dilakukan penanganan sebelum bahu jalan terbawa longsor,” kata Duddy. (JUN/SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password