Tak Kenal Malam, 6 Negara dengan Fenomena “Midnight Sun”

SAINS INSPIRA,- Alam memiliki aura dan keindahannya sendiri. Meski sering kali dirusak oleh tangan manusia, namun sejatinya ia tidak dapat dikendalikan.

Mungkin kita pernah mendengar bahwa setiap negara memiliki perbedaan kondisi waktu yang berbeda-beda. Di negara kita Indonesia misal, waktu siang dan malam seimbang selama 12 jam.

Tapi beda halnya dengan beberapa negara, di mana mereka hanya merasakan waktu malam yang sebentar, bahkan ada yang tidak sama sekali.

Kondisi ketika matahari tidak terbenam ini dikenal sebagai The Midnight Sun. Fenomena alam ini biasanya terjadi pada bulan-bulan musim panas lokal di utara Arktik dan selatan Lingkaran Antartika.

Berikut beberapa tempat yang memiliki urutan siang dan malam paling unik, di mana matahari tidak pernah terbenam dalam masa periode tertentu. Jika dilihat dari sudut pandang berbeda, orang-orang di sana dapat menikmati sinar matahari selama 24 jam di tengah perbukitan dan alam yang indah.

1. Greenland

Ternyata, Greenland memiliki waktu siang lebih lama. Siang di daerah Greenland terjadi dalam rentang waktu 20-21 jam.

Fenomena Midnight Sun itu, membuat Greenland memiliki waktu malam hanya sekitar 4 jam saja. Selain itu, 80% daerah di negara ini tertutup oleh es abadi sehingga memiliki jumlah penduduk yang terbilang sedikit.

2. Norwegia

Norwegia merupakan salah satu negara yang dikenal sebagai negeri matahari tengah malam di dunia. Bagaimana tidak, hampir seluruh kota di bagian utara Norwegia mengalami fenomena Midnight Sun.

Hal tersebut disebabkan karena pada musim panas, daerah sebelah bumi bagian utara lebih condong pada matahari, di mana jam 12 malam di kota-kota negara ini sama dengan jam 12 siang. Bahkan hal tersebut sudah menjadi hal biasa bagi warga sana.

Uniknya lagi, musim panas di Norwegia tidak sepanas di negara lain.

3. Islandia

Di Islandia, matahari tidak pernah sepenuhnya terbenam dan bergerak secara horizontal melintasi cakrawala sepanjang malam.

Negara dengan populasi rendah ini tidak mengalami gelapnya malam dari awal Mei hingga bulan Juli lantaran matahari yang selalu berada di atas cakrawala.

Selama musim panas Arktik, matahari terbenam pada tengah malam dan terbit setiap pukul 3 pagi.

4. Alaska

Alaska merupakan bagian Amerika Serikat yang cukup unik, di mana penduduknya sudah terbiasa dengan fenomena Midnight Sun.

Saat musim panas, waktu siang terjadi selama 19-20 jam. Sedangkan waktu malam hanya terjadi selama 4-5 jam. Maka, penduduk di sekitar pun lebih sering beristirahat pada jam 1 malam.

5. Swedia

Swedia merupakan salah satu negara yang terletak di Eropa bagian utara yang dekat dengan kutub utara. Jadi tidak mengherankan jika kondisi malam hari di negara ini masih terang layaknya siang hari.

Pada musim panas, di beberapa kota di Swedia bahkan hanya mengalami gelapnya malam sekitar 30 menit saja.

6. Finlandia

Finlandia juga negara yang sering mengalami Midnight Sun, meski tidak seekstrem negara-negara utara lainnya. Malam hari pada musim panas di Finlandia akan terasa seperti sore hari, agak gelap tapi masih ada sinar matahari di balik awan.

Selain The Midnight Sun, pada musim dingin, Finlandia memiliki fenomena alam lain yang cukup indah yaitu fenomena aurora yang terkenal menakjubkan. (ANG/SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password