Sunnah Rasulullah SAW: Bantu Istri Lakukan Pekerjaan Rumah Tangga

RISALAH INSPIRA,- Pekerjaan rumah seperti mencuci baju, merapikan rumah, dan semacamnya sebetulnya  dapat dikerjakan oleh laki-laki dan perempuan. Namun, seringkali dalam praktiknya pekerjaan ini diidentikan dengan pekerjaan perempuan saja. Lalu, bagaimana  dengan Rasulullah SAW?

Riwayat  Ummul Mukminin, Aisyah R.a. Beliau istri Rasulullah SAW berkata :”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam kesibukan membantu istrinya, dan jika tiba saat shalat maka beliau pergi untuk shalat.” (Hr. Bukhari). Itulah jawaban Siti Aisyah R.a, istri kesayangan Rasulullah ketika menjawab pertanyaan dari Al-Aswad. Kala itu Al-Aswad menanyakan tentang apa yang dikerjakan oleh Rasulllah saat sedang bersama dengan keluarga beliau.

Selain itu, dalam riwayat lain Aisyah radhiallahu ‘anha menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan hal-hal sederhana untuk membantu istri-istri beliau semisal mengangkat ember dan menjahit bajunya.

Urwah berkata kepada Aisyah, “Wahai Ummul Mukminin, apakah yang dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika ia bersamamu (di rumahmu)?”, Aisyah berkata, “Ia melakukan (seperti) apa yang dilakukan oleh salah seorang dari kalian jika sedang membantu istrinya, ia memperbaiki sendalnya, menjahit bajunya, dan mengangkat air di ember” (HR Ibnu Hibban).

Pada riwayat diatas adalah bukti bahwa Rasulullah SAW adalah seseorang yang sangat rendah hati. Kerendahan beliau benar-benar menjadi contoh terbaik yang harus ditiru oleh semua umat muslim. Kerendahan hatinya dalam membantu pekerjaan istri tak membuat harkat dan martabat Rasulullah SAW jatuh, justru sebaliknya Allah SWT akan meninggikan derajat orang-orang yang memiliki sifat tawadhu’.

Abu Hurairah R.a, bersabda Rasulullah SAW :”Tidaklah seseorang tawadhu’ (merendahkan hati) karena Allah melainkan Dia akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Berbuat baik kepada istri adalah bentuk akhlak sebaik-baiknya seorang suami. Apalagi dalam menjalani kehidupan berdua sebagai pasangan, bekerja sama dalam kehidupan dengan sikap saling tolong menolong merupakan akhlak yang baik sebagai manusia. (RISAL/GIN)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password