Strategi Persiapan Mendaki Gunung yang Aman dan Efektif

Ilustrasi: Clipart

TRAVEL INSPIRA,- Biasanya beberapa orang pergi ke gunung untuk menyegarkan kembali pikiran, atau bahkan ada juga yang menjadikan pendakian gunung sebagai hobi.

Perlu kita ketahui bahwa mendaki gunung bukanlah hal yang mudah. Perlu adanya persiapan matang mulai dari pra hingga pasca kegiatan.

Berikut beberapa tips bagi Anda yang ingin mendaki gunung, terutama baik bagi pemula.

1. Persiapkan Fisik dan Mental

Sebelum kita mendaki sebaiknya kita harus mengurangi rebahan. Persiapkan fisik dengan cara bina jasmani (binjas) agar melatih kemampuan fisik kita.

Binjas sendiri bisa dilakukan dengan cara melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga, lari yang sesuaikan porsinya setiap hari, kemudian lakukan latihan yang bisa menunjang kesiapan fisik masing-masing. Latih otot dan keseimbangan kita juga.

Selain fisik, mental juga perlu dipersiapkan. Kita harus mempersiapkan keberanian untuk menentukan keputasan dan hal lainnya.

2. Jaga Kesehatan

Tentunya sebelum memulai kegiatan apapun, kesehatan perlu untuk dijaga. Agar nantinya ketika kita berkegiatan tidak ada halangan apapun dari segi kesehatan.

Jika kalian merasa sakit, sebaiknya istirahat maupun segera persiksa ke dokter. Jangan pernah memaksakan untuk mendaki dalam keadaan sakit. Sebab bisa merepotkan diri sendiri maupun rekan mendaki nantinya.

3. Mempersiapkan Segala Perlengkapan

Setelah persiapan fisik sudah di lakukan kini tinggal mempersiapkan peralatan yang harus dibawa di saat kamu mau mendaki gunung. Perlengkapan mendaki menjadi hal yang utama, sebab bila perlengakapan kurang. Bisa menjadi hal fatal dalam berkegiatan.

Hal wajib yang harus dibawa yaitu jaket, sarung tangan, tutup kepala, sepatu gunung, kaos kaki, tas besar, tas kecil, sleeping bag, tenda, matras, senter, tongkat untuk meringankan beban tubuh, mantol, peralatan memasak gunung jika diperlukan.

Bawalah barang yang diperlukan dan secukupnya saja. Selain itu, sebaiknya sebelum berangkat periksa kembali barang bawaan tersebut.

4. Menyiapkan Konsumsi Secukupnya

Bawalah makanan dan minuman secukupnya. Usahakan juga makanan dan minuman tersebut bisa segera dikonsumsi secara praktik.

Berikut beberapa konsum yang harus dibawa, yaitu air putih 2 botol berisi 1.5L, Roti, Nasi + lauk kalo perlu, Mie instant, coklat untuk menambah tenaga kamu saat mendaki, kopi atau sejenisnya dan air cadangan

Selain itu jangan sampai meninggalkan sampah makanan ketika mendaki dan dimanapun.

5. Kenali Medan

Sebaiknya kita harus mengenal medan gunung yang akan didaki, tujuannya adalah untuk mempersiapkan berbagai macam kemungkinan.

Selain itu juga, kita bisa mengetahui bahwa medan tersebut sulit atau tidak untuk dilalui. Ketika mendaki sebaiknya kaki kita harus lentur agar tidak mudah terkilir. Perhatikan pula setiap langkahnya ketika mendaki.

6. Komunikasi adalah Kunci

Komunikasi menjadi hal penting ketika mendaki karena beberapa peristiwa pernah terjadi sebab kurangnya komunikasi.

Jangan malu untuk berkata berhenti untuk istirahat. Jika mengalami panggilan alam sebaiknya berkomunikasi juga dengan yang lain. Selain itu, komunikasi juga membuat kita tetap fokus dan tidak melamun selama perjalanan tapi secekupnya saja.

7. Ketahui dan Patuhi

Kita harus mengetahui berbagai macam larangan maupun aturan ketika mendaki. Jangan pernah untuk tidak mematuhi salah satu dari aturan tersebut. Hal itu bertujuan agar kita nantinya bisa selamat hingga turun gunung.

Perlu diketahui, beberapa gunung memiliki kisah dan mitosnya sendiri. Sebaiknya kita ikuti saja aturan yang berlaku, mulai dari jangan berkata kotor, bercanda berlebih, membuang sampah, buang air sembarangan, dan hal lainnnya. Hargai saja setiap amanat yang dikasih oleh instruktur maupun penduduk setempat.

8. Pastikan Semua Sudah Siap

Harus siap fisik dan mental, siap mendaki, siap untuk mendapatkan pengalaman baru dan hal lainnya. Kita juga harus mempersiapkan berbagai macam planning ketika berkegiatan dan persiapkan anggota tim jika berangkat dalam rombongan. (ANG/SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password