Rekomendasi 5 Tempat Wisata Eksotik di Labuan Bajo

TRAVEL INSPIRA,- Labuan Bajo mungkin sudah tak asing bagi para penyuka traveling. Kawasan Labuan Bajo dikenal memiliki potensi sebagai wisata populer yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Desa yang mendapat julukan sebagai Morning City ini memiliki pesona bawah laut yang memukau. Labuan Bajo merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 destinasi wisata favorit yang ada di sekitar Labuan Bajo:

1. Wisata Pantai Pink yang Memukau

Pantai yang dikenal dengan sebutan Pink Beach ini menyuguhi berbagai macam koral dan spesies ikan yang indah. Warna pink yang disajikan pantai ini berasal dari hewan berukuran mikroskopis yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral. Koral-koral tersebut terbawa oleh gelombang menuju pesisir lalu hancur menjadi serpihan dan butiran yang menjadi pasir pantai. Percampuran koral merah dan kristal putih lah yang menyebabkan warnanya menjadi pink.

Baca juga: ARMY Merapat! Inilah Wisata Bersejarah yang Pernah Dikunjungi BTS

Pantai Pink memiliki jenis koral halus dan keras dengan berbagai macam warna. Selain koral, spesies ikan di tempat ini juga cukup kaya sehingga aktivitas snorkeling akan sangat menyenangkan. Pulau ini juga menjadi habitat asli Komodo dragon yang termasuk ke dalam spesies reptile terbesar yang masih tersisa di dunia.

2. Trekking yang Disuguhi Pemandangan Indah di Pulau Padar

Banyak orang mengatakan Labuan Bajo adalah salah satu tempat terbaik untuk melakukan trekking karena bisa melihat komodo yang hidup di habitat aslinya. Bahkan wisatawan juga bisa melihat sunrise dengan trekking Gili sebelum fajar menyingsing.

Padar memiliki iklim kering dengan semak-semak dan pepohonan padang rumput yang menutupi pulau sehingga menciptakan kondisi bukit sabana yang indah. Pulau yang memiliki pemandangan puncak yang sangat menakjubkan ini terletak tidak jauh dari Pulau Rinca.

Jika ingin mengunjungi pulau ini, perlu dipersiapkan fisik dan mental yang kuat. Disarankan juga untuk membawa makan maupun minuman dan memakai sepatu gunung agar perjalanan dapat dilewati dengan aman dan nyaman.

3. Nikmati Wisata Atas Awan di Wae Rebo

Tempat wisata Wae Rebo merupakan sebuah desa yang unik dan eksotik. Di mana lokasinya yang berada di tengah-tengah pegunungan dan masyarakat yang masih menggunakan rumah adat serta melakukan kegiatan sehari-hari dengan tradisional. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara mengunjungi desa ini dan mempelajari budaya yang ada di masyarakat setempat.

4. Melihat Laut Bak Akuarium di Pulau Kanawa

Selain Pulau Komodo, pulau lain yang dapat dikunjungi dengan keistimewaan air laut yang jernih bak akuarium adalah Pulau Kanawa. Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur dengan luas kurang lebih 35 hektar ini memiliki pesona pantai dan bawah laut yang cantik dan memesona.

Baca juga: Wisata Tanpa Tembakau ala Orchid Forest Cikole

Wisatawan tidak perlu menyelam ke dasar laut untuk dapat melihat beragam biota laut. Air laut yang sangat jernih dengan warna biru kehijauan dan pasir putih bersih ini menambah keasrian Pulau Kanawa. Hal ini menjadikan banyak wisatawan harus mematuhi peraturan untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

5. Air Terjun Cunca Wulang

Air terjun Cunca Wulang terletak di kawasan Hutan Mbelling dengan ketinggian 2.000 mdpl. Air terjun yang sepanjang sisinya diapit oleh bebatuan ini sekilas terlihat seperti green canyon karena memiliki suasana dan warna air yang sama.

Wisatawan diperbolehkan memanjat area bebatuan yang tidak memiliki sisi tajam, kemudian melompat dari ketinggian Air Terjun Cunca Wulang ini. Namun, Jika ingin melakukan hal tersebut, harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada pemandu wisata, karena debit air akan berubah seiring pergantian musim dan cuaca.

Demikian 5 destinasi favorit di Labuan Bajo yang layak dikunjungi. Bagi Anda yang cocok dengan wisata laut seperti snorkeling, diving dan trekking, Labuan Bajo adalah tempat yang tepat untuk bermain dan berpetualangan dengan alam. (SON)

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password