Qatar Jadi Tuan Rumah F1, Pebalap MotoGP Beri Respons Negatif

RACING INSPIRA,- Sejumlah pebalap MotoGP memberkan respons negatif terhadap Formula 1 yang akan dikarenakan mobil F1 dikhawatirkan akan merusak kontur aspal sirkuit.

Balapan yang musim ini akan menjadi tolok ukur penyelenggaraan F1 ke depannya. Sirkuit Losail akan menjadi tuan rumah mulai tahun 2023 hingga 2032. Pengalaman Qatar untuk menggelar balapan kelas dunia sudah tidak diragukan lagi, sebab negara di Timur Tengah tersebut sudah belasan tahun menjadi tuan rumah untuk MotoGP.

Beberapa pebalap MotoGP memberikan komentar miringnya terhadap kabar tersebut. Mereka mengkhawatirkan kualitas lintasan akan menurun seperti yang terjadi di sirkuit Catalunya dan Red Bull Ring.

“Itu kabar buruk. Saya suka sirkuit Qatar, tapi Formula 1 merusak segalanya dengan grip, jadi kita lihat saja. Saya gembira untuk orang-orang di Qatar karena bisa menikmati MotoGP maupun F1, sungguh fantastis. Tapi untuk trek, sekarang sangat datar, sudah sangat bagus dan saya harap mereka tidak merusaknya,” ujar Aleix Espargaro dilansir dari Motorsport, Selasa (12/10).

Sirkuit Losail menggantikan Australia yang mundur akibat pandemi COVID-19 yang tak kunjung mereda. Setelah balapan F1, sirkuit ini akan menggelar balapan pembuka musim 2022 MotoGP 15 pekan setelahnya. Dalam jeda tersebut pengelola sirkuit harus membenahi aspal demi keselamatan para pebalap. (SON)

 

Penulis: Wira Aditama
Editor: Agia Aprilian

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password