PPKM Masih Berlaku, Bupati Bandung Undur Pilkades 49 Desa Jadi Tanggal 4 Agustus

Foto: Istimewa

BANDUNG INSPIRA,- Pemerintah memperpanjang PPKM Darurat hingga tanggal 25 Juli mendatang. Maka secara otomatis penyesuaian jadwal Pilkades serentak di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat pun kembali diundur hingga tanggal 4 Agustus 2021 mendatang.

Sebanyak 49 desa di Kabupaten Bandung harus kembali menjadwal ulang Pilkades tahun ini. Diundurnya kegiatan masyarakat itu sesuai dengan surat edaran dari Bupati Bandung, nomor: 141. 1/674/DPMD, tanbggal 21 Juli 2021 Tentang Penetapan Jadwal pelaksanaan Pemungutan Suara sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Bupati Bandung nomor: 141.1/Kep.346-DPMD/2021.

“Perhelatan Pilkades yang tadinya akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juli mau tidak mau harus di undur karena masih belum ada penurunan penderita Covid-19 di wilayah Bandung Raya Khususnya,” kata Bupati Bandung Dadang Supriatna, Kamis (22/7/2021).

Baca juga: Kabar Baik Angka Kesembuhan Covid-19 di Maluku Utara Capai 5.419 Orang

Penjabat sementara Kepala Desa Cipagalo, Deni Nuriman, menerangkan dengan adanya keputusan dari Bupati Bandung, maka Pilkades Desa Cipagalo pun terpaksa kembali diundur dari jadwal semula.

“Karena kita harus patuh kepada keputusan pemerintah pusat karena PPKM darurat diadakan untuk kepentingan kesehatan warga negara Indonesia khususnya juga warga masyarakat Desa Cipagalo,” jelas Deni.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Cipagalo, M.Apip Ibrahim mengungkapkan dengan diperpanjangnya kembali PPKM sampai tanggal 25 Juli  setidaknya mempengaruhi terhadap persiapan dari panitia P2KD juga para calon kepala desa. Namun semua itu cukup beralasan karena pemerintah pusat memperpanjang kebijakan PPKM untuk kepentingan bersama.

Baca juga: Mang Oded Gelontorkan Bagikan Makanan Siap Saji Bagi Warga Terdampak Covid-19

“Biar penurunan penyebaran Covid-19 cepat menurun dengan signifikan. Tanggal 4 Agustus 2021 pun pemilihan Kades belum pasti dilaksanakan kalau PPKMnya di perpanjang kembali. Panitia P2KD Desa Cipagalo sudah melakukan persiapan-persiapan dan tahapan pelaksanaaan pemilihan kepala Desa Cipagalo hampir selesai dilaksanakan,” kata dia.

“Sampai detik ini panitia sudah mempersiapkan sampai ke kotak suara, saya berharap pemilihan kepala desa serentak tanggal 4 Agustus jangan diperpanjang kembali, karena akan berpengaruh pada pembiayaan yang semakin menumpuk,” lanjutnya. (MSN)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password