PPDB Jabar Tahun 2021 Diklaim Lebih Baik Dibanding Tahun Sebelumnya

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA,- Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 dinilai sudah jauh lebih baik ketimbang tahun sebelumnya. Dimana PPDB tahun 2020 sempat terjadi server down yang menyebabkan sejumlah peserta didik kesulitan mendaftarkan diri.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Lembaga Bantuan Pemantau Pendidikan (LBP2) Jawa Barat (Jabar) Asep B Kurnia.

“Tahun ini semua sudah terakomodasi dengan sistem yang sangat rapi, jadi anak bisa mendaftarkan langsung lewat website juga. Di daerah-daerah lain bisa down, kalau di Jabar lancar. Artinya, sistem semakin baik dan perlu ditingkatkan lagi,” ujar Asep, Rabu (14/7/2021).

“Terlebih, secara umum dirinya melihat bahwa PPDB untuk SLB, SMA, dan SMK pada 2021, khususnya di Provinsi Jabar dirasa berjalan cukup baik.

Baca juga: Kota Bogor Paling Tinggi Penurunan Mobilitas Warga Selama PPKM Darurat

Disampaikannya juga, salah satu kemajuan yang dialami Jabar berasal dari kemudahan para calon peserta didik baru (CPDB) dalam mengakses sistem pendaftaran dan pengecekan hasil PPDB secara daring.

“Saya menggaris bawahi terutama di tahun kemarin, untuk daerah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek), itu terjadi sangat kacau tapi sekarang sudah ada perbaikan,” katanya.

Meski begitu, ia mengaku masih ada warga yang kecewa akibat aturan baru tiap tahunnya yang dinilai kurang berpihak kepada para murid dan wali murid.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Kadisdik Jabar) Dedi Supandi mengatakan, sistem PPDB 2021 lebih baik karena adanya peningkatan teknologi pada laman pendaftaran. Sehingga, risiko server down sudah diminimalisir.

Baca juga: 200 Rumah di Kabupaten Sintang Dilaporkan Terendam Banjir

“Insyallah kita menjamin tidak akan down saat akan pendaftaran PPDB 2021. Kita sudah menaikkan teknologi PPDB pola Cloud Computing (Komputasi Awan),” ujar Dedi kepada wartawan saat meninjau PPDB di SMAN1 Depok, Jalan Raya Nusantara, Pancoran Mas, Kota Depok, belum lama ini.

Persoalan yang banyak terjadi di lapangan justru bukan pada server PPDB, Dedi bilang, soal perataan ases jaringan yang belum menyeluruh di wilayah Jabar.

“Setelah kita turun langsung dan konfirmasi ternyata kendala jaringan ada pada peserta yang mendaftar, tidak dengan server PPDB,” tandasnya. (TRI)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password