Polisi Harus Usut Tuntas Insiden Bom Makassar, Menag RI: Kutuk Keras Apapun Motifnya!

Foto : Dok beritainspira.com

BANDUNG INSPIRA,- Soal ledakan bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, mengutuk keras aksi terror bom yang terjadi pada hari Minggu (28/3/2021).

Yaqut menilai kejadian tersebut sebagai tindakan keji yang telah menodai ketenangan hidup bermasyarakat. Tindakan itu jauh dari ajaran agama apa pun.

“Saya mengutuk keras. Apapun motifnya, aksi ini tidak dibenarkan agama karena dampaknya tidak hanya pada diri sendiri juga sangat merugikan orang lain,” kata Yaqut, dalam siaran pers, Minggu (28/3/2021).

Pada saat kejadian sebagian jemaat memang sedang beribadah dalam Gereja Katedral. Adapun akibat dari kejadian tersebut, dikabarkan sejumlah orang terluka. Saat ini jumlah dan identitas korban dan pelaku masih dalam pendataan pihak kepolisian.

Yaqut berharap kepolisian bisa segera mengungkap latar belakang aksi kekerasan yang dilakukan di area tempat ibadah itu.

“Kepolisian juga perlu meningkatkan keamanan di tempat-tempat ibadah sehingga masyarakat bisa semakin tenang dan khusyuk dalam beribadah,” kata dia.

Menurutnya ada kemungkinan aksi bom bunuh diri tidak dilakukan tunggal, karena para pelaku digerakkan oleh sebuah jaringan serta bekerja secara rapi dan tenang.

“Sebab seringkali para pelaku ini digerakkan oleh jaringan namun bekerja dalam senyap dan rapi. Maka dari itu harus diusut tuntas aktor-aktor yang terlibat dalam aksi keji ini,” ungkapnya.

Selain itu, Menag juga menghimbau para tokoh agama untuk bisa meningkatkan pola pengajaran agama secara baik dan menekankan pentingnya beragama secara moderat. Menag juga mengajak semua pihak untuk mengutamakan jalan damai dalam menghadapi persoalan dengan dialog, diskusi, dan silaturahmi.

“Selain itu tidak ada pihak yang merasa dirugikan atau menjadi korban dari kekerasan,” kata Yaqut.

Sementara itu saat dilokasi kejadian, kepolisian menemukan potongan tubuh manusia yang diduga pelaku bom bunuh diri. Pelaku diperkirakan dilakukan oleh seorang pria dan beraksi dengan mengendarai sepeda motor. (MSN)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password