Pola Pikir yang Harus Diubah Orang Tua Soal Gadget Anak

LIFESTYLE INSPIRA,- Gawai atau gadget menjadi salah satu alat yang tak bisa dilepaskan dari anak-anak, terlebih di masa pandemi di mana mereka harus menjalani kegiatan pembelajaran jarak jauh.

Untuk itulah, para orang tua dituntut untuk ikut memantau kegiatan anak-anaknya saat sedang menggunakan gawai atau telepon seluler.

“Di masa sekarang tidak seperti zaman dulu. Sekolah pun pakai gadget. Kita maksimalkan di luar waktu sekolah. Kita anggap gawai sebagai alat untuk mendapatkan manfaat, jangan lagi dianggap hiburan semata,” ujar dr. Reisa Broto Asmoro dalam sebuah webinar tentang parenting, Senin (19/7).

Menurut Duta Adaptasi Kebiasaan Baru itu, melalui gawai anak selain bisa mendapatkan hiburan juga menyerap ilmu. Mereka pun dapat tetap berinteraksi dengan teman-temannya melalui gawai.

Dalam hal ini, orang tua perlu memantau apa yang anak lakukan, tonton melalui gawainya. Pastikan, anak mengakses sesuatu yang baik.

“Anak ketika menonton, bermain harus ada supervisi dari orang tua atau pengawas. Agar bisa dipastikan dia dapat ilmu, bukan hanya main atau justru dapatkan hal negatif,” kata Reisa.

Baca juga: Menerapkan Kebiasaan Digital Sehat dalam Keluarga

Kemudian, terkait informasi salah atau hoaks yang kini bertebaran melalui berbagai media dan mudah diakses melalui gawai, Reisa berpesan agar Anda memastikan kebenaran informasi itu misalnya berasal dari sumber kredibel atau bukan.

“Pilihlah informasi yang sudah divalidasi kebenarannya. Kita harus memastikan informasi berasal dari sumber kredibel,” kata dia.

Selain berbicara soal gawai dan hoaks, Reisa juga berbagi pengalamannya selama menjadi orang tua. Menurut dia, momen paling berkesan saat menyadari sebagai orang tua, justru bisa banyak belajar dari anak mereka.

Ini berbeda dari pola pikirnya sebelum menjadi orang tua. Saat itu, dia berpikir orang tua-lah yang harus mengajarkan anak.

“Tapi setelah jadi orang tua, saya dapat pelajaran justru dari anak-anak saya. Ini namanya experience as a parent,” kata Reisa. (SON)

4 Comments

  • Renee Reply

    July 27, 2021 at 2:50 am

    It’s hard to come by educated people on this subject, however,
    you sound like you know what you’re talking about!
    Thanks

  • Mabel Reply

    July 29, 2021 at 1:40 am

    An interesting discussion is worth comment. I believe that
    you need to publish more about this subject matter, it
    might not be a taboo matter but usually people don’t speak about these
    issues. To the next! Many thanks!!

  • Williamsat Reply

    July 29, 2021 at 8:07 am

    senior women for sex
    [url=”http://datingsitesover.com/?”]dating advice for men[/url]

  • Williamsat Reply

    July 30, 2021 at 11:03 am

    free foreign dating sites free no fee
    [url=”http://onlinedatingtwo.com/?”]free chat now [/url]

Leave a Comment

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password