PlayStation Store untuk PS3 dan PS Vita Mulai Dibatasi

GAME INSPIRA,- Upaya Sony untuk menghentikan akses terhadap PlayStation 3 (PS3) dan PlayStation Vita (PS Vita) kembali berlanjut. Setelah sempat akan menutup dukungan layanan PlayStation Store untuk PS3 dan PS Vita di awal tahun lalu, kini Sony menetapkan kebijakan baru untuk kedua plaform lawas ini.

Sony menetapkan kebijakan baru di mana per 27 Oktober mendatang para pengguna PS3 dan PS Vita tidak akan bisa menggunakan metode pembayaran kredit, debit, dan PayPal secara langsung di PlayStation Store.

Meski demikian, bukan berarti mereka yang masih setia menggunakan PS3 dan PS Vita tidak bisa lagi membeli game dan konten dari PlayStation Store. Satu-satunya jalan untuk kedua platform tersebut tetap bisa melakukan transaksi langsung di PlayStation Store adalah dengan menukarkan PlayStation Store Gift Card.

Opsi lain yang diberikan oleh pihak Sony untuk para user yang masih mengandalkan pembayaran selain menukarkan PlayStation Store Gift Card adalah dengan mengakses PlayStation Store via desktop, mobile, PS4, dan PS5. Dengan mengakses PlayStation Store dari perangkat tersebut, maka kredit, debit, dan PayPal bisa digunakan sebagai opsi pembayaran atau pengisian wallet.

Meski dirasa kurang efisien karena tidak lagi bisa dilakukan langsung di PS3 dan PS Vita, namun metode pembayaran seperti ini sudah bukan hal yang asing bagi para gamer, mengingat saat ini hampir semua game yang ada sudah menggunakan tata cara seperti ini, bahkan untuk sekadar top up atau pembelian item dalam game.

Sebelumnya, Sony dikabarkan akan menghentikan dukungan terhadap PS3, PlayStation Portable (PSP), dan PS Vita dengan cara menutup layanan PlayStation Store untuk ketiga platform tersebut, namun banyaknya kritik yang dilontarkan oleh pengguna, developer bahkan publisher game, Sony mengurungkan niatnya tersebut dan memilih hanya menutup akses untuk platform PSP saja. (SON)

 

Penulis: Gussarayuda
Editor: Agia Aprilian

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password