Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Safar

RISALAH INSPIRA,- Bulan Safar merupakan bulan kedua dalam kalender islam (Hijriyah). Dalam bahasa Arab kata Safar berarti “Kosong” yaitu menunjukkan pada pra-Islam, karena orang-orang Arab banyak yang keluar meninggalkan rumahnya untuk mengumpulkan makanan, berdagang, maupun berperang.

Bulan Safar juga bisa diartikan sebagai “Siulan Angin” yang tertuju pada cuaca. Tetapi, ada yang menyebutnya bulan Safar merupakan bulan kesialan, namun itu hanya mitos.

Padahal, di bulan Safar banyak peristiwa penting yang terjadi dan harus kita ingat, salah satunya yaitu pernikahan Rasulullah SAW dengan Khadijah.

Berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Safar:

1. Persidangan Dar-al Nadwah

Tentang rencana pembunuhan Nabi Muhammad SAW saat berada di Mekkah. Berbagai kabilah kaum musyrikin berkumpul membahas dan merencanakan pembunuhan terhada Nabi SAW. Karena, sudah dianggap menabrak serta memberengus keyakinan-keyakinan mereka.

2. Pernikahan Nabi Muhammad SAW dengan Khadijah

Sayyidah Khadijah binti Khuwalid, seorang janda cantik dan kaya raya. Ia menjadi momen bersejarah dalam kehidupan Rasulullah SAW yang memberikan kekuatan dan peran besar dalam sejarah perjuangan dakwah beliau.

3. Sakitnya Nabi Muhammad SAW

Setelah Rasulullah SAW selesai melaksanakan haji Wada’ beliau mengalami sakit keras dan membawanya pada kematian yaitu bulan Rabiul Awal. Pada saat itu beliau memanggil istri-istrinya untuk meminta ijin menetap dirumah sayyidah Aisyah RA dan beliau wafat di rumahnya.


Baca juga: Ada Apa dengan Tahun Baru Islam? Berikut Keutamaan Bulan Muharram

4. Banyak Peperangan yang Terjadi

Pada bulan ini banyak peperangan yang terjadi. Karena, sudah di ijinkan kembali oleh Allah SWT. diantaranya yaitu perang al-Abwa’ yang terjadi pada tahun kedua hijriyah, perang Zi Amin yang terjadi pada tahun ketiga hijriyah, perang al-raji (bi’ru maunah) terjadi pada tahun ke empat hijriyah dan perang khaibar yang banyak menelan korban sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW.

5. Tragedi Pembunuhan Terhadap Utusan Nabi SAW

Terbunuhnya ketujuh sahabat Nabi SAW untuk mengajar agama islam kepada kaum Udal dan al-Qarah. Mereka diserang mendadak disebuah tempat yang berada didaerah antara makkah dan madinah tepatnya di al-Rajiah Usfah. Mereka dibunuh ditempat kecuali Khubaib bin Adi yang dibunuh di mekkah. Peristiwa ini terjadi pada tahun ketiga atau keempat hijriyah.

6. Menikahkan Putrinya, Siti Fatimah

Rasulullah juga menikahkan putrinya di bulan Safar. Maka, yang menganggap bahwa tidak boleh mengadakan hajatan di bulan Safar itu salah besar. Karena, Rasulullah SAW juga menikah dan menikahkan putrinya di bulan Safar. (SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password