Perempuan Dikubur dengan Burung di Mulutnya, Arkeolog Bingung

SAINS INSPIRA,- Para arkeolog belakangan ini tengah mencoba memecahkan misteri mengenai penemuan kerangka gadis yang dikubur dengan burung di mulutnya. Berada dalam kondisi yang tidak biasa, penemuan ini jelas saja menimbulkan tanya.

Kerangka gadis ini pertama kali ditemukan oleh arkeolog bernama Waldemar Chmielewski di Polandia Selatan, tepatnya di Gua Tunel Wielki pada thaun 1967 dan 1968 lalu. Setelah ditemukan, belum ada penelitian yang dilakukan secara lebih lanjut.

Melansir Live Science, dalam penelitian penanggalan radiokarbon, para arkeolog menemukan bahwa gadis ini meninggal pada 300 tahun yang lalu saat dirinya masih berusia 10 sampai 12 tahun.

Tes ilmiah menggunakan DNA gadis ini menunjukan jika dirinya mungkin berasal dari daerah Polandia atau Finlandia. Berdasarkan catatan sejarah, di tahun 1655 hingga 1657, daerah tersebut diduki oleh tentara yang dipimpin oleh Raja Charles X Gustav.


Baca juga: Pertama Kali dalam Sejarah, Mumi Hamil 7 Bulan Ditemukan

Penemuan kerangka gadis ini lantas membuat arkeolog bingung. Pasalnya, tepat di bagian mulut gadis ini nampak muncul seekor burung pipit.

“Penguburan di gua umumnya tidak ada dalam periode sejarah di Eropa. Makanya, ini adalah penemuan yang sangat luar biasa,” tulis tim peneliti dalam makalah yang diterbitkan online pada 29 Mei di Jurnal Prasejarah.

Berbagai penelitian mencoba memecahkan penyebab hal ini terjadi. Namun, masih juga bisa memecahkan misteri mengenai kerangka gadis tersebut.

Arkeolog menyebutkan jika pada masanya, burung tidak pernah diletakkan dalam mulut jenazah. Padahal secara umum, burung kecil biasanya dikaitkan dengan jiwa anak-anak.

Walaupun sudah bertahun-tahun berlalu, penelitian mengenai penemuan kerangka gadis dengan burung di mulutnya ini masih terus dilakukan guna menemukan fakta sebenarnya dari hal ini. (SON)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password