Penyelam di Israel Temukan Pedang Tentara Salib Berusia 900 Tahun

SAINS INSPIRA,- Seorang penyelam amatir menemukan pedang Tentara Salib berusia 900 tahun di lepas pantai Israel.

Otoritas Barang Antik Israel (IIA) melaporkan, pria bernama Shlomi Katzin menemukannya saat tengah melakukan scuba diving sekitar 200 meter ke arah laut pada akhir pekan lalu.

Dia melihat beberapa sisa-sisa termasuk pecahan tembikar, jangkar batu dan logam, serta bilahnya. Khawatir benda berharga itu akan tertutup pasir, ia pun mengangkatnya ke permukaan

Setelah penemuan ini mencuat, IIA langsung mengonfirmasi bahwa pedang itu milik seorang ksatria Tentara Salib.

“Pedang yang telah diawetkan dalam kondisi sempurna adalah penemuan yang indah dan langka dan jelas milik seorang ksatria Tentara Salib. Sangat menyenangkan melihat objek pribadi seperti itu, membawa kita 900 tahun lalu ke era yang berbeda, dengan ksatria, baju besi, dan pedang,” kata Inspektur Unit Pencegahan Perampokan IAA Nir Distelfeld, dilansir dari Mirror, Kamis (21/10).

Menurut Katzin, pedang yang memiliki bilah berukuran satu meter itu terkubur di kedalaman dangkal sekitar empat atau lima meter di daerah yang sering dikunjungi para penyelam.

© Reuters

Kobi Sharvit, kepala unit arkeologi laut otoritas, meyakinkan bahwa dari bentuk dan lokasinya, tidak diragukan lagi bahwa itu berasal dari Tentara Salib.

“Kami baru mulai sekarang bekerja dengan hati-hati untuk membersihkan sedimen dan kemudian kami akan melakukan rontgen dan mudah-mudahan kami dapat mengetahui apakah itu diproduksi secara lokal atau dibawa oleh salah satu Tentara Salib,” kata dia.

Lebih jauh Sharvit menambahkan, ada beberapa tanda yang bisa jadi petunjuk mengenai siapa pemiliknya dan perang salib mana yang dia ikuti

Menurut catatan sejarah, Ksatria Kristen dari Eropa merebut Yerusalem di mana mereka mulai membantai penduduk Muslim dan Yahudi di kota itu. (SON)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password