Pentingnya Ilmu Komunikasi Bagi Polri

(Foto: Adt/beritainspira.com)

BANDUNG INSPIRA,- Sebagai calon pimpinan Polri di masa yang akan datang, para peserta didik (Serdik) Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Polri Dikreg ke-61 Tahun Angkatan (TA) 2021, harus menyadari dan memahami pentingnya komunikasi dalam membangun citra dan reputasi untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Hal itu disampaikan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Dr. Dadang Rahmat Hidayat saat menjadi pemateri Komunikasi Kepolisian secara online kepada para serdik Sespimmen Polri Dikreg ke-61 TA 2021, belum lama ini.

“Komunikasi kepolisian adalah kegiatan komunikasi di ruang publik yang sangat bersentuhan dengan realitas sosial dan aktivitas publik sehari-hari. Apapun perilaku anggota kepolisian akan terhubung dengan citra dan reputasi lembaga, dalam kaitan menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal,” katanya.

Dadang mengatakan, komunikasi kepolisian merupakan kajian dan pengetahuan serta keahlian yang penting dalam melaksanakan tugas serta fungsi saat ini dan mendatang. Apalagi dengan makin berkembangnya era komunikasi digital yang menghadirkan dinamika sosial dan semakin kompleks.

Dadang pun mengapresiasi upaya Polri untuk meningkatkan peran dan fungsi komunikasi kepolisian yang telah menempatkan Divisi Humas sebagai salah satu divisi strategis dalam jajaran struktur Polri di berbagai tingkatan. Dia berharap ada lembaga pendidikan khusus mengenai komunikasi kepolisian ini.

Selain Dadang, Sespimpolri juga menghadirkan narasumber lainnya, yakni pakar di bidangnya baik secara akademis maupun praktis, serta pengajar dari kalangan profesional. Pembelajaran dan pelatihan Komunikasi kepolisian meliputi konsep dasar komunikasi kepolisian, perencanaan komunikasi, public speaking, relasi media, dan komunikasi persuasif yang dilanjutkan dengan simulasi untuk beberapa materi.

Sementara itu, salah seorang serdik Sespimmen Polri Dikreg ke-61 TA 2021, Kompol Bagus Suryo Wibowo, S.I.K mengapresiasi materi yang disampaikan.

Menurutnya, pelatihan sangat bermanfaat karena berkaitan bagaimana memaksimalkan manajemen media di wilayah nantinya.

“Sangat penting sekali ilmu public speaking ini, karena media adalah bagian dari sumber informasi. Siapa yang menguasai informasi maka dunia dalam genggaman. Maka kemas media informasi dengan baik dan maksimalkan publik speaking,” kata dia. (ADT)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password