Penting Diketahui! Ini Dia Ciri-ciri Hati yang Bersih

RISLAH INSPIRA,- Hati yang bersih adalah hati yang selamat dari kesyirikan dan keburukan. Hati yang bersih ialah hati yang selamat dari syahwat yang haram dan yang dapat menghantarkan seseorang pada berbuatan yang keji dan mungkar.

Rasulullah SAW bersabda “Sesunggunya Allah tidak melihat rupa dan harta kalian, akan tetapi Allah melihat hati dan amalan kalian.” (HR. Muslim).

Hal yang pertana Allah lihat adalah hati seseorang, karena dari bersihnya hati akan menunjukan baiknya apa yang dilakukan amalan zahir. Allah SWT berfirman “Di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersi” (Qur’an Asy-Syu’ara 88-89).

Dilansir dari laman sindonews.com, berikut ciri-ciri orang  yang memiliki hati sehat dan bersih:

Selalu mengingat kepada Allah

Sudah pasti seseorang yang selalu ingat kepada Allah berarti ia mempunyai hati yang bersih.

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

Selalu mengutamakan hal yang bermanfaat

Imam Ibnu Qayyim rahimahullah mengatakan bahwa : “Hati yang sehat lebih mengutamakan hal bermanfaat daripada hal berbahaya.” Seperti mengisi waktunya untuk beriman kepada Allah, belajar, menuntut ilmu agama membaca dan mengamalkan Al-Qur’an.

Selalu mengutamakan akhirat daripada dunia

Orang yang bersih hatinya selalu mengutamakan akhirat seakan-akan akhirat adalah tujuan utama hidupnya. hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam , “Jadilah di dunia ini seakan-akan dirimu adalah orang asing atau orang yang singgah dalam erjalanan. Dan anggaplah dirimu sebagai seorang ahli kubur.” (HR. Bukhari).

Selalu berdzikir kepada Allah

Orang yang hatinya sehat selalu berdzikir kepada Allah dengan zikir dan sesuai dengan sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Orang yang hatinya sakit hanya beribadah kepada Allah Ta’ala secara musiman, sedangkan orang yang hatinya sehat akan selau beribadah kepada Allah Ta’ala secara kontinyu dan terus-menerus meski sedikit.

Bersedih apabila terluput dari wirid

Apabila orang yang hatinya bersih terlewatkan dari wiridnya, ia merasakan kepedihan yang melebihi kepedihan orang rakus yang kehilangan hartanya.

Rindu kebaikan

Orang-orang yang hatinya beselalu merindukan kebakitan sebagaimana orang lapar yang merindukan makanan dan minuman.

Cemas bila tidak melaksanakan Salat

Jika orang-orang yang hatinya bersih tidak melaksanakan sholat walaupun satu kali, mereka akan cemas dan merasa berdosa.

Selalu ingin memperbaiki amal

Meskipun mereka sudah beribadah kepada Allah, tetapi mereka tiap puas beribadah maka terus menerus memperbaiki ibadahnya.

Maka dari itu alangkah baiknya memulai dari hal kecil supaya bisa menjadi orang yang bersih hatinya dan dicintai oleh Allah SWT. (RISAL)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password