Pemuda Asal Gaza Berbagi Kisah Perjuangannya Keluar dari Palestina

BANDUNG INSPIRA,- Marwan A. R. Attaallah, seorang pemuda berusia 27 tahun asal Gaza yang tengah menempuh pendidikan magister di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berbagi kisah tentang kondisi Palestina dan perjuangannya bisa singgah di Indonesia, khususnya Kota Bandung.

Dalam kesempatan menghadiri acara pengumpulan dana yang dilakukan Organisasi nirlaba, Ex Officio untuk Palestina di Pendopo Kota Bandung, Sabtu (5/6), Marwan mengaku sulitnya keluar dari Pelstina satu tahun lalu. Marwan berbagi cerita ketika ia memutuskan untuk memperdalam ilmu perencanaan kota ke Indonesia.

Dia mengatakan, selain kesulitan karena tidak terdapat pelabuhan ataupun bandara, penjagaan ketat juga dilakukan di setiap perbatasan. Dia harus keluar melalui perbatasan Mesir untuk dan menghabiskan waktu dua pekan proses perjalanan hingga bisa tiba di Indonesia.

“Orang yang boleh keluar dari Palestina salah satunya memiliki visa pelajar atau mahasiswa. Itu pun pemeriksaannya sangat ketat dan banyak intimidasi yang dilalui. Dari Mesir menuju Aman, Yordania, dan baru bisa menuju ke Indonesia hingga sampai ke Jakarta dan menuju Bandung,” kata Marwan.

Marwan sedikit mengulas peristiwa yang terjadi di Masjid Al-Aqsa di penghujung bulan Ramadan lalu. Menurutnya, kekerasan sudah dimulai ketika warga Palestina di sekitar kawasan Syeh AL-Jabar dipaksa meninggalkan rumahnya.

Banyak warga terkatung-katung di jalanan. Kemudian peristiwa bergeser ke Masjid AL-Aqsa. Banyak warga Palestina yang terluka dan bahkan meninggal terkena tembakan.

“Sebenarnya itu bukan konflik, dan bukan juga peperangan, tapi itu penjajahan. Kami tidak diberikan hak sama sekali. Kami ingin sekali menjadi negara yang merdeka. Tapi mereka tidak ingin memberikan itu dengan cuma-cuma. Jadi kami harus terus berjuang berupaya mendapatkan kedaulatan,” katanya. (TRI/ADT)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password