Pemkot Bandung Putar Otak Sediakan RS Khusus Tangani Pasien Covid-19

Foto: Dok. beritainspira.com

BANDUNG INSPIRA,- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendorong agar 29 rumah sakit rujukan meningkatkan kapasitas tempat tidur bagi pasien Covid-19, dari semula 40 persen total kapasitas RS, menjadi 60 persen. Ini dilakukan karena meningkatnya angka kasus aktif Covid-19 di Kota Bandung, Jawa Barat.

Arahan tersebut disampaikan seiring surat edaran Gubernur Jawa Barat yang meminta rumah sakit menambah kapasitas 60 persen.

“Akan kita dorong, secara keseluruhan di kita sudah banyak di atas 40 persen. RSKIA (Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak) sudah posisi 47 persen walaupun memang ada yang belum ideal seperti yang diharapkan sampai minimal angka 40 persen,” ungkap Ketua Harian Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna, usai melakukan Sidak di Samator, PT Aneka Gas Industri, Rabu (7/7/2021).

Baca juga: Bio Farma Pastikan Bulk Produksi Vaksin Covid-19 Aman Sampai Akhir Tahun 2021

Ia juga mengatakan, akan terus mengupayakan peningkatan kapasitas tempat tidur seiring kasus Covid-19 yang terus meningkat. Pihaknya juga sedang memikirkan rencana untuk mengubah sementara RSKIA menjadi rumah sakit khusus untuk Covid-19.

“Kita justru memikirkan itu bagaimana kalau RSKIA sepenuhnya jadi Covid-19 yang ibu anak didorong ke RSUD (Bandung) yang RSUD Covid-19 tarik ke RSKIA,” paparnya.

Maka, sambungnya, penanganan Covid-19 lebih terpusat dan pemanfaatan tempat tidur bagi pasien Covid-19 di RSKIA bisa mencapai 250 tempat tidur. Pihaknya saat ini sedang memikirkan apakah rencana tersebut akan berjalan efektif dan bisa diimplementasikan.

Baca juga: Belajar Tatap Muka Gagal Digelar, Disdik Kota Bandung Godok Skema Tahun Ajaran Baru

Sementara untuk rencana didirikanya pra hospital bagi pasien Covid-19, masih belum bisa dilakukan.

“Mengingat kita harus memikirkan tenaga medis dan juga SDM lainnya. Apalagi sekarang ini kondisi nakes yang terpapar cukup banyak,” tandasnya. (TRI/MSN)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password