Pemkab Bandung Barat Upayakan PTM di Akhir September Ini

BANDUNG INSPIRA,- Kabupaten Bandung Barat diketahui akan turut melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) perdana pada 20 September mendatang, menyusul Kota Bandung dan Cimahi yang saat ini tengah memasuki PTM minggu kedua.

Hal tersebut juga didukung dengan tren COVID-19 yang terus melandai selama dua minggu terkahir di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

Kabid Pembinaan SD Kabupaten Bandung Barat, Dadang A. Sapardan mengatakan jika saat ini Dinas Pendidikan tengah menyelesaikan perizinan dan persyaratan untuk pelaksanaan PTM mendatang.

“Dilihat dari persyaratan-persyaratan yang harus lengkap dan yang memberikan izin adalah Kecamatan untuk SD/MA sedangkan Kabupaten untuk SMP/MTs, SMA dan seterusnya, maka ditetapkan (pelaksanaan PTM) pada 20 (September),” kata dia ketika ditemui di Kantornya, Senin (13/9/2021).

Terkait jumlah sekolah, Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat mengaku belum mengantongi daftar sekolah mana saja yang siap melaksanakan PTM.

“Untuk SD, MA, dan RA, Kecamatan masih belum punya data fix tentang sekolah mana saja yang siap karena masih diinventarisir, untuk SMP, MTs dan SMA, kabupaten tengah mempersiapkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut lagi, Dadang menjelaskan jika ada sekolah yang masih belum siap dan layak untuk melaksanakan PTM, bisa saja kebijakan akan dimulai tidak serentak di semua jenjang.

“Tidak semua (diizinkan PTM), mereka yang sudah siap mungkin diizinkan, mereka yang tidak siap ya tidak akan diizinkan. Bisa jenjang SD bisa jenjang SMP, kalau ada sekitar 50 yang siap, bisa, misalkan SMP ada 20 yang siap, bisa juga,” kata Dadang.

Selain itu, durasi pelaksanaan PTM pun direncanakan hanya berlangsung selama dua jam saja untuk semua jenjang.

“Maksimal (durasi PTM) 2 saja, karena kekhawatirannya adalah terpapar (COVID-19). Itu juga ada pengurangan jam pelajaran yang normalnya 1 jam (pelajaran) selama 45 menit, ini menjadi 30 menit bahkan kemungkinan 15 menit,” kata Popi Siti Ichsanniaty, selaku Kepala Seksi Kesiswaan Pembinaan SD Kabupaten Bandung Barat.

Pelaksanaan PTM di Kab. Bandung Barat akan berlangsung selama dua bulan, di mana nantinya jika PTM memberikan hasil yang positif maka besar kemungkinan untuk dilanjutkan di bulan-bulan berikutnya. (YUD/SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password