Pemerintah Siapkan Subsidi Set Top Box untuk Siaran Digital

set top box

BANDUNG INSPIRA,- Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan akan ada subsidi perangkat set top box agar masyarakat bisa menonton siaran televisi digital.

Subsidi set top box ini ditujukan bagi masyarakat tidak mampu yang memenuhi kriteria Kementerian Sosial. Kominfo akan bekerja sama dengan Kemensos untuk data masyarakat kurang mampu ini.

Direktur Penyiaran Kominfo, Geryantika Kurnia menambahkan subsidi set top box untuk masyarakat tidak mampu juga akan melibatkan lembaga penyiaran swasta selaku penyelenggara multipleksing dan pemerintah daerah setempat agar tepat sasaran.

“Subsidi set top box dalam waktu dekat sudah bisa didistribusikan. Ada komitmen dari penyelenggara multipleksing, sedang dipersiapkan,” kata Geryantika.

Baca juga: KPID Jabar Pastikan Kawal Kepentingan Publik Jelang ASO 2022

Set top box bisa didapatkan di pasaran, dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp150.00, bergantung pada kualitas dan layanan. Harga perangkat tersebut akhir-akhir ini melambung akibat krisis semikonduktor.

Kementerian sudah berdiskusi dengan vendor agar harga perangkat set top box terjangkau.

Siaran televisi digital bisa ditangkap langsung tanpa menggunakan set top box jika menggunakan perangkat televisi yang bisa menangkap siaran digital, seperti televisi keluaran terbaru.

Geryantika mengusulkan vendor mengadakan program trade-in atau tukar-tambah untuk memudahkan masyarakat mengakses perangkat televisi digital.

Baca juga: Ketua ATSDI: Masyarakat Jabar Siap Beralih ke TV Digital

Mengacu pada data Badan Pusat Statistik tahun 2020 lalu, Indonesia membutuhkan setidaknya 6,8 juta unit set top box untuk 27,7 juta masyarakat, dengan perhitungan satu keluarga terdiri dari orang tua dan dua anak.

Set top box diperlukan agar tidak perlu mengganti perangkat televisi model lama untuk menonton siaran televisi digital. Set top box akan menghubungkan antena UHF dengan perangkat televisi, kemudian mengubah transimisi siaran dari analog ke digital. (SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password