Pelaku dan Pakar Industri Kreatif Indonesia dan Internasional Berkumpul di Universitas Telkom

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA,- Fakultas Industri Creative dari Universitas Telkom Bandung, Jawa Barat membentuk Bandung Creative  Movement (BCM), mengadakan event tahunan yang sudah berjalan sejak tahun 2014. Kegiatan ini terdiri dari Konferensi Internasional Industri Kreatif, Workshop Profesional Industri Kreatif, dan Pameran Internasional Karya Seni dan Desain.

BCM juga menyediakan wadah bagi para peneliti, insan kreatif, akademisi serta profesional industri dari seluruh dunia. Dalam forum ini hasil penelitian dan kegiatan pengembangan di bidang Teknologi, Desain, Sosial, Bisnis, dan Lingkungan dipersentasikan.

Tujuan dari kegiatan ini memberikan kesempatan bagi para delegasi untuk bertukar ide dan pengalaman dalam aplikasi baru secara langsung. Tujuannya untuk menjalin hubungan bisnis atau penelitian, dan untuk menemukan mitra global untuk kolaborasi di masa depan.

Baca juga: Kebakaran Lapas Hingga Kelebihan Kapasitas, Yasonna Diminta Mundur dari Jabatan

Konferensi ini dilakukan secara daring menggunakan aplikasi konferensi yaitu Zoom Meeting.

Ketua BCM, Hanif Azhar, menjelaskan konferensi ini diikuti oleh 15 Universitas di Indonesia dan internasional seperti negara Autralia, Amerika, Spanyol, Filipina, Myanmar, Taiwan, Maroko, dan Malaysia. Mereka mempublikasikan jurnal ilmiah dibidang Industri Kreatif.

“Bagaimana cara kita untuk meningkatakan ekonomi khusunya dibidang kreatif, dengan cara mengambil ide-ide dari para pakar di seluruh dunia, yang nanti akan diaplikasikan oleh Indonesia dan Dunia,” kata hanif saat kepada beritainspira.com, Kamis (9/8/2021).

Baca juga: Menengok “Kota Maksiat” Zaman Romawi yang Tenggelam ke Dasar Laut

Ia juga menjelaskan, selama masa pandemi ini banyak tantangan dalam meningkatkan ekonomi kreatif yang ada di Indonesia juga dunia .

“Event tahunan ini mampu mengubah ekonomi kreatif yang lebih baik, karena selama pandemi ini membuat ekonomi kreatif terpuruk, sebuah harapan bagi negara – negara yang terdampak oleh pandemi, bisa dibenahi dengan cara ini,” kata dia. (MSN)

2 Comments

Leave a Comment

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password