Pelajari Cara Ini, Memotret Pakai DSLR di Malam Hari Bagi Pemula

Foto: Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA,- Memotret pada malam hari bisa dibilang gampang-gampang susah, apalagi motretnya pakai kamera DSLR. Kalau kamu gak paham banget, bisa jadi jepretanmu akan terlihat buram atau gelap sama sekali.

Cahaya merupakan salah satu faktor penting yang dibutuhkan saat melakukan pemotretan. Gambar sendiri tercipta karena pantulan bayangan yang didapatkan dari adanya cahaya. Karena itu tak aneh jika memotret malam hari seringkali menghasilkan gambar yang kurang tajam bahkan kurang jelas karena minimnya cahaya

Menggunakan tambahan lampu atau flash memang menjadi senjata namun akan mengurangi keaslian gambar tersebut sehingga terlihat kurang natural. Bagi Anda pengguna DSLR yang ingin mengambil gambar di malam hari dengan tetap tampak asli namun juga jelas, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengakalinya:

Gunakan ISO rendah.

Rahasia paling umum untuk memotret di malam hari adalah dengan menggunakan ISO rendah yaitu antara 100 – 200. Memang bagi pemula akan tergoda untuk menaikkan ISO agar shutter speed bertambah, namun hal tersebut bisa berakibat pada bertambahnya noise.

Gunakan lensa wide angle.

Untuk memotret benda di malam hari dimana ia terletak berdekatan dengan sumber cahaya tertentu, gunakanlah lensa wide angle sehingga benda akan tampil dari sudut pandang yang lebih lebar. Hal ini berguna untuk membiasakan cahaya sehingga gambar tidak penuh dengan satu efek cahaya yang berada di dekat objek saja.

Atur white balance

Pengaturan white balance juga point yang penting untuk mendapatkan gambar jelas di malam hari. Setting white balance di posisi 3000 – 7000k untuk mendapatkan gambar yang jelas dan indah.

Setting aperture.

Mengatur jarak aperture dan diafragma akan membuat gambar Anda tetap fokus dan tidak memiliki blur. Aturlah aperture dengan jarak terlebar sesuai dengan diafragma yang digunakan.

Pilih waktu yang tepat

Pastikan anda memotret malan hari di waktu yag tepat misalnya saat lalu lintas masih padat sehingga lampu mobil dan pertokoan masih ramai ,di sore hari atau saat-saat tertentu yang ingin ditonjolkan pada foto anda.

memilih lokasi, waktu dan mengenal pengaturan kamera yang digunakan merupakan senjata rahasia agar foto di malam hari menjadi lebih indah.

Itulah beberapa trik yang bias anda gunakan untuk memotret malam hari menggunakan DSLR. Meski di malam hari umumnya minim cahaya matahari, namun masih ada cahaya lampu yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan gambar yang terang dan tajam. (GIN)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password