Pekan Depan Ada Asteroid Selebar 1KM Melintas Dekati Bumi

BANDUNG INSPIRA,- Dikabarkan kalau ada Asteroid yang dikenal sebagai 7482 (1994 PC1), akan melakukan pendekatan terdekatnya ke Bumi pada tanggal 18 Januari atau pekan depan.

Informasi dari Center for Near-Earth Object Studies (CNEOS), yang dikelola oleh NASA di Jet Propulsion Laboratory di California menyatakan asteroid itu selebar satu kilometer.

Dilansir dari Space, Kamis (13/1/2022), asteroid akan mendekat ke arah Bumi dalam jarak yang setara dengan lima jarak bulan pada pendekatan terdekatnya.

Asteroid bergerak dengan kecepatan tertinggi hampir 12 mil per detik (20 km/s). Asteroid adalah batuan luar angkasa yang merupakan sisa-sisa tata surya awal.

Puluhan ribu asteroid ada namun hanya sebagian dari mereka yang cukup dekat dengan Bumi untuk disebut objek dekat Bumi (NEO).

NASA memiliki mandat dari Kongres untuk mencari dan melaporkan setidaknya 90 persen dari semua NEO berukuran dan lebih besar pada akhir tahun 2020.

NASA juga memiliki jaringan teleskop mitra di darat dan di luar angkasa yang terus bekerja untuk menemukan dan memantau NEO, mengelola upaya yang berpotensi berbahaya melalui Badan Koordinasi Pertahanan Planet.

Mereka melaporkan saat ini tidak ada asteroid yang berpotensi mengancam. Hanya saja agensi terus mencari dan menguji teknologi pertahanan untuk mengatasi kemungkinan ancaman di masa depan.

Baru-baru ini NASA meluncurkan misi yang disebut Uji Pengalihan Asteroid Ganda (DART) yang akan berusaha mengubah jalur moonlet asteroid pada musim gugur 2022. (MSN)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password