Menjalani Self-Healing dengan Hewan Peliharaan

Gambar: Pixabay

LIFESTYLE INSPIRA,- Bagi kita yang aktif melakukan aktivitas sepanjang hari, kelelahan adalah hal yang tidak bisa dihindari, bahkan bukan tidak mungkin stres dan tekanan mental akan dialami.

Ada beberapa cara yang dirasa mampu menjadi self-healing dari kepenatan aktivitas keseharian, mulai dari mendengarkan musik, menonton film, hingga berlibur.

Di samping itu, ada cara lain unik lain yang dapat mengurangi stress dan menjaga kesehatan mental kita, yaitu berinteraksi dengan hewan peliharaan.

Banyak yang menganggap bahwa memelihara hewan adalah cara terbaik untuk mengurangi gejala cemas dan stres.


Baca juga: Studi: Mendengarkan Musik Jelang Tidur Justru Bisa Ganggu Tidur

Beberapa hewan yang memberikan manfaat self-healing antara lain kucing, ikan, anjing, kelinci, hamster, dan beberapa hewan lainnya.

Lantas apa saja manfaat memelihara hewan bagi kesehatan mental pemiliknya? Berikut penjelasan yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengurangi Stress dan Depresi

Percaya atau tidak, hewan peliharaan bisa menjadi motivator yang bagus untuk manusia. Contoh anjing, hewan peliharaan yang pandai mendorong pemilik untuk berolahraga dan bermanfaat bagi mereka yang mengidap depresi.

Hewan peliharaan juga memiliki efek menenangkan pada pemiliknya, seperti kucing dan ikan. Hanya dengan membelai, duduk di sebelah atau bermain dengan hewan peliharaan dapat memberikan kesempatan untuk bersantai dan menenangkan pikiran pemiliknya.

2. Menghilangkan Rasa Kesepian

Self-healing dengan hewan tentunya membuat kita tidak merasakan kesepian, terutama bagi Anda yang masih single. Memelihara hewan adalah cara yang bagus untuk mengatasi rasa kesepian.

Hewan peliharaan adalah teman yang baik saat Anda merasa sepi. Mereka mampu memberikan pemiliknya rasa aman dan seseorang untuk berbagi rutinitas sehari-hari.

Selain itu, meski mereka tidak memahami bahasa manusia, Anda akan merasa membaik ketika bercerita dengan hewan peliharaannya.

3. Membantu Bersosialisasi

Mengajak peliharaan kita jalan-jalan dapat mempertemukan kita dengan pemilik hewan ainnya. Pertemuan ini tentunya menghasilkan percakapan dengan pemilik anjing lain dan ini membantu pemiliknya untuk tetap terhubung secara sosial.

Faktanya, orang yang memiliki banyak hubungan sosial dan persahabatan cenderung lebih sehat secara mental.

4. Menjadi Medium Terapis

Ini salah satu alasan kenapa hewan peliharaan menjadi salah satu cara untuk melakukan self-healing. Manfaat yang diberikan oleh hewan peliharaan, ternyata mampu menjadi media terapi orang dengan keterbelakangan mental.

Mengutip Halodoc, disebutkan bahwa hewan dapat mengurangi perilaku stereotip, mengurangi sensitivitas sensorik, dan meningkatkan keinginan serta kemampuan untuk terhubung secara sosial dengan orang lain. Namun, hal ini membutuhkan penelitian lebih lanjut. (ANG/SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password