Menikmati Amalan Malam Jumat yang Dianjurkan Nabi SAW

ilustrasi-risalah3doa

RISALAH INSPIRA,- Hari atau malam Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat muslim. Banyak aktivitas yang dilakukan pada malam Jumat seperti pengajian, istigasah, tadarus dan lainnya.

Nabi Muhammad SAW bahkan pernah bersabda:

“Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah yaitu hari jum’at, karena pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim).

Baca juga: Keistimewaan Khadijah, Istri Rasulullah SAW yang Dirindukan Surga

Oleh karena itu, umat islam dianjurkan oleh Baginda Muhammad untuk melakukan beberapa amalan dan mendapat keberkahan dan keistimewaan saat malam Jumat:

1. Membaca Surah Yasin

Begitu banyak keutamaan yang didapat saat membaca surah yasin, terutama pada malam jum’at dengan menghadap ridho Allah SWT, maka dosanya akan diampuni ketika pagi tiba dan dikabulkan permintaannya.

Rasulullah SAW bersabda:

وروي عنه رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من قرأ سورة يس في ليلة الجمعة غفر له رواه الأصبهاني

“Barang siapa membaca Surah Yasin di hari dan malam Jumat dengan mengharap ridha Allah SWT, diampuni dosanya.” (HR. Asbahaani)

Abu Daud dari al-Habr meriwayatkan bahwa: “Barang siapa membaca Surah Yasin dan al-Shaff di malam Jumat, Allah akan mengabulkan permintaannya” (HR Abu Daud dari al-Habr)

2. Membaca Surah Al-Kahfi

Ketika kita membaca surah ini pada malam Jumat atau hari Jumat, maka kita akan diterangi cahaya antara dua Jumat. Selain itu, kita akan dilindungi dan dijauhkan dari fitnah Dajjal.

Surah ini menceritakan tentang kisah umat terdahulu yang begitu berbakti dan dapat dijadikan teladan yang baik.

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah.” (HR. ad-Damiri)

3. Membaca Shalawat dan Dzikir

Amalan yang dianjurkan pada malam Jumat adalah membaca sholawat dan dzikir. Sebagai umat yang baik, senantiasa mengingat Allah dan Rasul-Nya agar kelak di hari kiamat diberi syafaat dan juga dikabulkannya doa yang kita panjatkan.

Rasulullah SAW bersabda: “Perbanyaklah untuk membaca shalawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan kepadaku setiap hari Jumat. Barang siapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR.Baihaqi)

4. Memperbanyak Doa

Doa merupakan sebuah bentuk kepatuhan manusia kepada sang pencipta.

Rasulullah SAW pernah berkata: “Kalau ada waktu di hari Jumat, lalu seorang hamba memohon, maka sudah pasti doanya dikabulkan oleh Allah”. Maka perbanyaklah berdoa pada malam Jumat. (NOV/SON)

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password