Mengenal Huruf Muqatha’ah dalam Al Quran

ilustrasi-risalah

RISALAH INSPIRA,- Salah satu di antara sepuluh macam bentuk pembuka surat di dalam al-Quran adalah huruf-huruf muqatha’ah. Secara harfiah muqatha’ah adalah huruf yang terpotong-potong, artinya cara membacanya terputus-putus dengan mengeja atau menyebutkan nama hurufnya.

Huruf muqatha’ah berjumlah 14, dan menjadi pembuka di 29 surat dalam al-Quran. Tersusun dari satu sampai lima huruf hijaiyah yang tidak membentuk kata. Huruf tersebut adalah alif, ha, ra, sin, shad, tha, ain, qaf, kaf, lam, mim, nun, ha, dan ya.

Menurut tafsiralquran.id, ditinjau dari segi panjang bacaannya, huruf-huruf ini dibagi menjadi empat macam yaitu tidak dibaca panjang, panjang 2 harakat, panjang sekitar 4 atau 6 harakat, dan 6 harakat.

Huruf muqatha’ah yang tidak dibaca panjang hanya ada satu huruf yaitu alif. Cara membacanya cukup mengatakan “alif” tanpa mad atau bacaan panjang. Huruf ini dapat ditemukan misalnya pada pembuka QS. al-Baqarah (2).

Huruf muqatha’ah yang dibaca panjang 2 harakat ada lima yaitu huruf ya, tha, ra, ha (ح), dan ha (ه). Cara membacanya cukup dengan memanjangkan tanpa ada tambahan bunyi hamzah mati di akhir. Contohnya terdapat pada QS. Thaha (20) dan QS. Yasin (36).

Baca juga: Adab yang Baik Pada Guru dalam Ajaran Islam

Huruf muqatha’ah yang dapat dibaca dalam dua pilihan, sekitar 4 atau 6 harakat, disebabkan karena terdapat bacaan lin di dalam hurufnya. Huruf muqatha’ah tersebut yaitu huruf ain. Huruf ini dapat ditemukan pada QS. Maryam (19) dan QS. As-Syura (42).

Sedangkan, huruf muqatha’ah yang dapat dibaca panjang 6 harakat ada tujuh huruf yaitu sin, shad, qaf, kaf, lam, mim, dan nun. Dalam mushaf, ketujuh huruf ini diberi tanda garis melengkung di atas hurufnya. Contohnya, terdapat pada QS. Al-Araf (7).

Ada pun huruf-huruf muqatha’ah ini membentuk 14 jenis kombinasi, yaitu:

1. Alif Lam Mim (QS. Al Baqarah, QS. Ali Imran, QS. Al Ankabut, QS. Ar Rum, QS. Luqman, dan QS. As Sajdah)

2. Alif Lam Mim Shad (QS. Al A’raf)

3. Alif Lam Ra (QS. Yunus, QS. Hud, QS. Yusuf, QS. Ibrahim, QS. Al Hijr)

4. Alif Lam Mim Ra (QS. Ar Ra’d)

5. Kaf Ha Ya Ain Shad (QS. Maryam)

6. Ta Ha (QS. Ta Ha)

7. Ta Sin Mim (QS. Asy Syu’ara’ dan QS. Al Qasas)

8. Ta Sin (QS. An Naml)

9. Ya Sin (QS. Ya Sin)

10. Sad (QS. Sad)

11. Ha Mim (QS. Al Mu’min, QS. Fussilat, QS. Az Zukhruf, QS. Ad Dukhan, QS. Jatsiyah, QS. Al Ahqaf)

12. Ha Mim Ain Sin Qaf (QS. Asy Syura)

13. Qaf (QS. Qaf)

14. Nun (QS. Al Qalam)

Itulah pembahasan mengenai huruf muqatha’ah. Dari penjelesan di atas telah diketahui banyak dari rahasia-rahasia yang tersembunyi dalam huruf-huruf Muqtha’ah, jika di pelajari lebih lanjut akan menambahkan keimanan kita atas kebesaran Allah SWT. (ANASTASYA/SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password