Mendadak Kaya, Puluhan Nelayan Temukan Benda Rp22 Miliar di Bangkai Ikan Paus

 

muntah paus emas
Gambar: Khaleej Times

INTERNET INSPIRA,- Nasib 35 nelayan di Yaman seketika berubah setelah menemukan bongkahan “muntah” ikan paus. Mereka menjadi kaya mendadak setelah bongkahan itu dipastikan sebagai ambergris yang sangat mahal.

Ambergris diangkap sebagai zat langka yang digunakan dalam pembuatan parfum. Zat padat mirip lilin ini berasal dari usus atau sistem pencernaan paus sperma yang dikeluarkan melalui mulutnya. Dengan kata lain, harta itu berupa “muntahan” paus.

Zat padat mirip lilin ini berasal dari usus atau sistem pencernaan paus sperma yang dikeluarkan melalui mulutnya. Dengan kata lain, harta itu berupa “muntahan” paus.

Kelompok yang terdiri dari 35 nelayan di provinsi Aden selatan menemukan bangkai paus sperma yang mengambang di Teluk Aden dan menyeretnya ke pantai dengan perahu kecil.

“Begitu kami mendekatinya, tercium bau yang kuat dan kami merasa bahwa paus ini memiliki sesuatu,” kata salah satu nelayan, dikutip dari Independent, Senin (7/6).


Baca juga: Sempat Dinyatakan Punah, Pemburu Hiu Temukan Ikan Bersirip Delapan

Para nelayan akhirnya memotong bangkai paus sperma itu untuk melihat apa yang ada di dalam perutnya. Tak lama mereka pun sadar bahwa mereka menemukan “muntah emas”.

Ambergris terbentuk selama bertahun-tahun dan umum digunakan dalam parfum untuk melestarikan aromanya.

Nelayan dari desa al-Khaisah setuju untuk membagi keuntungan dari 127 kg ambergris, sebelum menjualnya seharga 1,1 juta poundsterling. Salah satu awak mengatakan bahwa mereka berencana menikah dan membeli rumah.

Sebagian dari uang tersebut juga akan diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan lainnya di desa al-Khaisah. (SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password