Megawati Jadi Ketua Dewan BRIN, Semoga Dapat Jabatan Baru Lagi Kayak Opung

Foto: Istimewa

BANDUNG INSPIRA,- Megawati Soekarnoputri dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Megawati dilantik di Istana Negara Jakarta pada hari Rabu (13/10/2021). Pelantikan tersebut berdasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) No. 45 tahun 2021 yang ditetapkan pada 12 Oktober 2021.

Setelah mengucapkan sumpah jabatan, Presiden Jokowi menyampaikan selamat secara langsung kepada Dewan Pengarah, kecuali Menteri Keuangan Sri Mulyani yang dilantik melalui konferensi video karena sedang berada di luar negeri.

Berdasarkan pasal 7 ayat (2) Peraturan Presiden (Perpres) No. 33 tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional, Ketua Dewan Pengarah BRIN secara ex-officio berasal dari unsur Dewan Pengarah badan yang menyelenggarakan pembinaan ideologi Pancasila.

Tentu saja pelantikan tersebut mendapat perhatian publik salah satunya tokoh Nahdlatul Ulama, Umar Hasibuan atau Gus Umar.

Dirinya mencuit ucapan selamat atas jabatan baru yang diamanahkan pada Megawati. “Selamat bu megawati,” cuit Gus Umar seperti yang dilihat dari Twitter @umar_hasibuan75, Kamis (14/10/2021).

Dirinya juga menyinggung soal Luhut Binsar Pandjaitan yang juga mempunyai banyak jabatan di masa pemerintahan Jokowi. “Semoga kedepan dapat jabatan yg baru lagi biar kayak opung,” sambungnya.

Diketahui, Megawati Soekarnoputri adalah Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Unsur Dewan Pengarah BRIN lain yang juga berasal dari BPIP adalah Sudhamek Agoeng Waspodo.

Masih berdasarkan Perpres No. 33 tahun 2021, Wakil Ketua Dewan Pengarah diamanatkan untuk dijabat oleh unsur profesional dan/atau akademisi sedangkan Sekretaris dan Anggota dijabat oleh unsur profesional dan/atau akademisi di bidang penelitian, pengembangan, dan penerapan, serta invensi dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi paling banyak tujuh (7) orang.

Secara lengkap susunan keanggotaan Dewan Pengarah BRIN adalah sebagai berikut:

  1. Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua
  2. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebagai Wakil Ketua
  3. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan

Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa sebagai Wakil Ketua

  1. Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto sebagai Sekretaris
  2. Emil Salim sebagai Anggota
  3. I Gede Wenten sebagai Anggota
  4. Bambang Kesowo sebagai Anggota
  5. Adi Utarini sebagai Anggota
  6. Marsudi Wahyu Kisoro sebagai Anggota
  7. Tri Mumpuni sebagai Anggota. (MSN)

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password