Masjid Raya Bandung Nyatakan Siap Gelar Sholat Tarawih Berjamaah

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA,- Sholat tarawih berjamaah akan berlangsung di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat, selama bulan puasa Ramadhan 2021. Tak hanya itu nanti juga aka nada bagi-bagi takjil unutk masyarakat. Protokol kesehatan akan diterapkan saat pelaksanaannya nanti.

Ketua DKM Masjid Raya Bandung, K.H Mukhtar Gandaatmaja, mengaku sudah mulai mempersiapkan fasilitas protokol kesehatan selama sholat tarawih dan pembagian takjil nanti. Penerapan protokol kesehatan sudah dilakukan selama pelaksanaan sholat Jumat yang sudah berjalan.

“Insya Allah diadakan tahun ini (sholat tarawih),” ujarnya saat dihubungi, Rabu (7/4/2021).

Dirinya juga menuturkan, jumlah jamaah yang akan melaksanakan sholat tarawih akan lebih sedikit dibandingkan sholat Jumat. Karena jamaah yang biasa sholat di tempat itu kebanyakan pedagang dan pekerja kantoran yang berada di sekitar area masjid.

Baca juga : Menag Yaqut Izinkan Sholat Tarawih dan Idul Fitri Berjamaah

Mereka umumnya sudah banyak yang pulang ke rumah pada waktu ashar atau sekitar pukul 15.00 WIB.

“Malam (sholat tarawih) tidak akan sebanyak sholat Jumat,” katanya.

Mukhtar menambahkan, kapasitas Masjid Raya Bandung dapat menampung jamaah sholat Jumat mencapai 14 ribu orang. Namun, sejak pandemi Covid-19 jumlah jamaah yang akan beribadah dibatasi.

“Sekarang separuhnya (karena) musim Covid-19 jadi 7.000 jamaah,” katanya.

Pembagian takjil gratis untuk masyarakat yang akan berbuka di Masjid Raya Bandung juga akan dilakukan. Namun, pembagian takjil di masa pandemi Covid-19 berbeda dibandingkan dengan sebelumnya.

Baca juga : Pemkot Bandung Tunggu Keputusan Pusat Soal Kegiatan Bulan Puasa

Pengurus akan membagikan menu buka puasa  kepada jamaah dengan meminimalisasi potensi kerumunan. Selain itu, pembagian takjil menggunakan dus dimana sebelumnya menggunakan piring.

“Takjil diadakan cuma mungkin diatur di dalam (masjid), jadi mereka menempati tempat duduk disiapkan dengan jaga jarak biar panitia yang memberi pakai dus. Tidak terbuka seperti dulu pakai piring. Selama ini pengurus (DKM) sehat walafiat,” katanya. (MSN)

 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password