Malaikat Azazil, Panglima Malaikat yang Dikutuk Jadi Iblis

RISALAH INSPIRA,- Pada zaman ketika Nabi Adam AS belum diciptakan. Bumi dihuni oleh bangsa Jin yang mana pada saat itu mereka membuat kerusakan di dalamnya, diantara dari salah satu dari golongan Jin ada satu diantaranya yang mana sangat sholeh dan taat kepada Allah SWT hingga Allah menaikan derajatnya menjadi panglima seluruh Malaikat Allah, ia bernama Malaikat Azazil yang mana merupakan dari bangsa Jin yang paling sholeh, ketika ia di suruh bersujud pada Allah ia pun bersujud samapai selama seribu tahun.

Dalam keadaan bumi yang sudah sangat rusak dan dipenuhi oleh kemaksiatan ini yang mana para kaum Jin yang ada di dalamnya melakukan kerusakan dan menumpahkan darah diatas bumi Allah. Akhirnya Allah mengirim nabi-nabi (dari golongan jin) namun para Jin malah membunuh para nabi itu, hingga akhirnya Allah pun mengirim pasukan dari langit yang di pimpin leh Malaikat Azazil untuk membasmi seluruh kaum Jin yang ada di muka bumi.

Semua Jin yang ada di muka bumi dihabisi, semuanya dibunuh kecuali beberapa yang bersembunyi didasar laut, gua – gua tengah hutan dan tempat lainya. Kemudian Allah pun memerintahkan untuk membiarkan mereka, lalu para Malaikat yang dikirim oleh Allah kembali ke langit atas perintah Allah.

Hingga suatu saat Allah mengumpulkan para malaikat, lalu Allah pun berkata “Aku hendak menciptakan diatas bumi khalifah”, ”Bumi akan kita ganti penghuninya dengan peghuni yang baru (Manusia)” mendengar apa yang dikatakan Allah, Malaikat Azazil yang mana sudah menunaikan tugasnya untuk membasmi seluruh Jin yang ada di muka bumi tadi menjadi gelisah karena merasa bangsanya sudah dihabisi.

Kini Allah hendak menciptakan makhluk lain tuk menempati bumi , ia pun merasa ketidak-adilan dalam keputusan Allah. Lalu ia menghasut para malaikat yang lainya untuk mempertanyakan keputusan Allah yang mana amat memberatkan baginya.

Hingga para Malaikat pun terhasut dengan perkataan Iblis dan mereka bertanya kepada Allah “apakah engkau hendak menciptakan diatasnya yang berusak didalamnya dan menumpahkan darah?” ujar para malaikat itu. Allah pun berkata “Sesungguhnya aku lebih tahu apa yang tidak kamu ketahui”

Penciptaan Manusia Pertama Nabi Adam AS

Lalu Allah penciptakan manusia pertama yaitu Nabi Adam As yang terbuat dari tanah liat dengan sekali kata (كن فيكون) jadilah maka jadi. Maka terciptalah Nabi Adam As, lalu Allah mengajarkan kepada Nabi Adam nama – nama segala hal yang ada di alam semesta kepada Nabi Adam As. Setelah mengajarkan nama – nama itu Allah pun membawa Nabi Adam As kepadapara Malaikat dan menyuruh para malaikat untuk menyebutkan nama – nama benda di alam semesta, jikalaulah Malaikat – Malaikat itu termasuk dari golongan yang benar. Malaikat- Malaikat pun berkata “Maha Suci Engkau tidaklah ada ilmu yang kami miliki kecuali yang sudah Engkau ajarkan pada kami.” Lalu Allh memerintahkan Nabi Adam As untuk mengajarkan nama – nama benda tersebut kepada para Malaikat termasuk Malaikat Azazil.

Sesudah Nabi Adam mengajarkan nama – nama itu, Allah pun berfirman :

“Tidaklah Aku sudah katakana pada kalian Aku lebih mengetahui alam ghaib, dan bumi dan Aku lebih mengetahui apa yang kalian sembunyikan dan apa yang kalian tampakan .”

Para Malaikat pun mendengar apa yang difirmankan Allah, begitu juga dengan Malaikat Azazil yang semakin dengki dengan Nabi Adam As yang lebih pintar dari pada dirinya yang padahal merupakan pemimpin seluruh Malaikat pada saat itu.

Terkutuknya Malaikat Azazil Menjadi Iblis

Hingga akhirnya tiba di puncak, ketika Allah memerintahkan seluruh Malakikat untuk bersujud kepada Nabi Adam As, maka seluruh malaikat itu pun bersujud kecuali Malaikat Azazil yang lalai dan sombong. Ketika para Malaikat bangkit dari sujudnya mereka semua kaget melihat Azazil yang tidak ikut sujd. Lalu mereka kembali sujud kepada Allah karena tidak termasuk orang yang lalai terhadap perintah Allah. Allah pun bertanya kepada Malaikat Azazil;”Mengapa engakau tidak bersujud padanya?” kemudian iapun menjawab “Mengapa aku harus bersujud padanya, Engkau menciptakannya dari tanah dan Engkau ciptakan aku dari api?”.

Karena kesombongannya ia pun berani mempertanyakan Allah SWT dan malah lebih parahnya lagi, seakan – akan ia mengajarkan Allah bahwa sifat dzatnya lebih terhormat dari Nabi Adam As yang tercipta dari tanah.

Karena kalau dari ilmu, ia jelas kalah dari Nabi Adam maka ia mencoba membandingkan dengan dzat ciptaan yang lebih baik seakan – akan ia paling sempurna dibandingkan yang lainya. Allah pun murka dan mengusir Malaikat Azazil dari surga dan ketika ia dikeluarkan dari surga, tubuhnya pun berubah menjadi mengerikan. Tubuhnya berekor berujung tajam di bagian bokongnya, tubuh tanduk di kepalanya, dan berbagai perubahan lainnya terjadi pada dirinya yang pada awalnya sangat mengagumkan, kini menjadi sangat menjijikan.

Mulai sejak pertama kali ia dikeluarkan dari surga, ia pun berganti nama menjadi nama yang paling terlaknat dan paling dibenci oleh seluruh penjuru alam yaitu Iblis. Hanya karena ketidaktaatan kepada Allah SWT sosok yang paling di kagumi oleh para Malaikat dan diagung- agungkan jabatannya sebagai pang lima Malaikat dapat berubah menjadi makhluk paling terlaknat dan paling di benci di seluruh penjuru alam semesta. Sungguh betapa meruginya Iblis, yang hanya karena ketidaktaatannya kepada Allah, ia harus menghabiskan sisa hidup hingga hari yang Allah tentukan dengan sangat terhina dan menderita sepanjang umurnya.

Penulis: Nurwati syahbudin***(Magang)

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password