Lumat Taiwan, Indonesia Menuju Babak Kualifikasi Piala AFC 2023

SPORT INSPIRA,- Timnas Indonesia mengamankan satu tempat di babak kualifikasi Piala AFC 2023 usai menyingkirkan Taiwan tiga gol tanpa balas di laga playoff yang digelar di stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10).

Tiga gol yang di sarangkan oleh Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya dan Witan Sulaeman cukup untuk menyudahi perlawanan Taiwan.

Kemenangan di leg pembuka kemarin menjadi modal berharga bagi timnas untuk memulai pertandingan. Indonesia masih menunjukan permainan seperti di pertemuan pertama. Mereka terus menekan Taiwan di areanya sendiri menunggu celah di pertahanan Taiwan.

Skuad Garuda sejatinya memiliki peluang mencetak gol. Akan tetapi, sepakan Dedik Setiawan dan Ricky Kambuaya masih dapat dimentahkan oleh lini pertahanan Taiwan.

Gol datang di menit ke 26. Umpan silang yang dikirimkan Egy Maulana Vikri dari sisi kiri pertahanan sukses menembus gawang Taiwan. Meski gagal konversi oleh kepala Dedik, bola tetap bergulir masuk karena sang kiper, Shih Shin-an kurang cepat menebak arah bola. 1-0.

Unggul satu gol membuat Indonesia semakin bergairah untuk menyerang, Ricky dan Dedik terus menerus menggempur gawang Taiwan. Namun kokohnya sang kiper membuat bola mental.

Taiwan bukan tanpa peluang. Berulang kali mereka merepotkan Indonesia dari situasi bola mati yang menyebabkan kemelut di kotak penalti, ketidak tenangan mereka membuat bola gagal menembus gawang yang dijaga Muhammad Riyandi.

Memasuki babak kedua, Indonesia tidak mau mengendorkan serangan. Selang sepuluh menit, Ricky menggandakan keunggulan dengan sepakan keras terarahn kepojok kiri gawang usai menerima bola liar hasil sapuan bek Taiwan. 2-0.

Peluang demi peluang diciptakan oleh skuad Garuda sampai menit, akan tetapi penyelesaian akhir yang kurang tenang dan positioning yang kurang baik membuang kans untuk mencetak gol tambahan.

Witan Sulaeman menutup pertandingan dengan golnya di menit ke 90+3 usai menerima umpan terobosan dari Kadek Agung. Ia yang sudah nyaman didepan gawang langsung melepaskan tembakan mendatar. 3-0.

Dengan kemenangan agregat 5-1 ini, Indonesia berhak maju ke babak kualifikasi Piala AFC 2023. Indonesia akan masuk pot 4 bersama Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka dan salah satu antara Kamboja dan Guam yang bertanding besok. (SON)

 

Penulis: Wira Aditama
Editor: Agia Aprilian

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password