Langkahi Jeff Bezos, Richard Branson Meluncur Mulus ke Luar Angkasa

TEKNO INSPIRA,- Miliarder asal Inggris Richard Branson dan kru karyawannya melakukan pendaratan sempurna di New Mexico pada Minggu (12/7), setelah meluncur ke luar angkasa dengan pesawat luar angkasa SpaceShipTwo perusahaan.

Misi yang dijuluki Unity 22 itu menandai uji terbang keempat ke luar angkasa untuk kendaraan sekaligus yang pertama bagi Branson.

Pengusaha eksentrik berusia 70 tahun tersebut telah menunggu hamper dua dekade untuk perjalanan debutnya ke tepi luar angkasa.

Menurut laporan The Verge, Branson telah menggembar-gemborkan misinya sebagai perintis era baru pariwisata ruang angkasa, di mana perusahaan yang ia dirikan pada tahun 2004 siap untuk memulai operasi komersial tahun depan.

“Tujuan kami di sini untuk membuat ruang angkasa lebih mudah diakses oleh semua orang. Selamat datang di era ruang angkasa baru,” kata Branson, tak lama setelah memeluk cucunya usai penerbangan.

Branson juga merasa bangga dan terhormat karena sudah membantu memvalidasi perjalanan yang akan dilakukan astronot di masa depan.

Selain itu, keberhasilan penerbangan ini juga dapat dijadikan momentum untuk menyombongkan diri dalam persaingannya dengan miliarder Jeff Bezos, maestro ritel online Amazon.

Bezos sendiri berharap untuk terbang ke luar angkasa terlebih dahulu dengan roket perusahaan ruang angkasanya.

“Selamat atas penerbangannya. Tidak sabar untuk menyusul!” kata Bezos di Instagram.

Roket SpaceShipTwo menyala di angkasa. | Verge

Berbagai kalangan turut hadir menyaksikan peluncuran Branson, di antaranya Elon Musk, pendiri pembuat mobil listrik Tesla Inc.

Pesawat ruang angkasa putih berkilau itu menembus angkasa pada hari Minggu dengan menempel di bagian bawah pesawat jet ganda VMS Eve (dinamai untuk mendiang ibu Branson) dalam lepas landas dari Spaceport America, fasilitas milik negara di dekat kota Truth or Consequences. Virgin Galactic menyewa sebagian besar fasilitas tersebut.

Saat sampai di titik peluncuran di ketinggian sekitar 46.000 kaki, pesawat roket penumpang VSS Unity dilepaskan dari kapal induk dan jatuh saat kru menyalakan roketnya, mengirimkannya melesat lurus ke atas dengan kecepatan supersonik ke kegelapan ruang sekitar 53 mil ( 86 km) tinggi.

Contrail pesawat ruang angkasa itu terlihat jelas dari tanah saat membubung tinggi melalui atmosfer atas. Penonton yang berada di bawah pun bersorak-sorai.

Di puncak pendakian, kru kemudian mengalami beberapa menit gayaberat mikro, sebelum pesawat ruang angkasa beralih ke mode masuk kembali, dan mulai meluncur turun ke landasan pacu kembali di pelabuhan antariksa. Seluruh penerbangan, dari lepas landas hingga mendarat, berlangsung sekitar satu jam.



“Dulu saya seorang anak yang duduk sambil melihat bintang-bintang. Sekarang saya orang dewasa di sebuah pesawat ruang angkasa melihat ke bawah ke Bumi kita yang indah,” kata Branson dalam sebuah video dari luar angkasa.

Sekembalinya dari penerbangan, Branson dan awaknya menggelar acara selebrasi dan saling menyiram menggunakan sampanye. (SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password