KPID Jabar Siap Bentuk Tim Khusus Jelang ASO 2022

Istimewa
Tim ini disiapkan untuk mewadahi kepentingan dan aspirasi publik terkait penyelenggaraan digitalisasi, salah satunya untuk berdikusi dengan mitra-mitra strategis.

BANDUNG BERITA INSPIRA,- Jelang penetapan Analog Switch-Off (ASO) tahun 2022, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat berencana membentuk tim gugus khusus untuk melancarkan misi ASO mendatang.

Tim ini disiapkan guna mewadahi kepentingan dan aspirasi publik terkait penyelenggaraan digitalisasi, salah satunya untuk berdikusi dengan mitra-mitra strategis.

“Jabar ini kan mempunyai 27 kota dan kabupaten. Dari jumlah itu, siapa yang bisa jamin tidak ada area blank spot? Kita harus pastikan aspirasi publik bisa didengar,” kata Ketua KPID Jabar, Adiyana Slamet, dalam dialog virtual bertema “Memastikan Kepentingan Publik Daerah dalam Persiapan ASO 2022” yang diadakan Asosiasi Televisi Siaran Digital Indonesia, Kamis (4/2/2021) kemarin malam.

Menurut Adiyana, pelaksanaan digitalisasi bukan soal mengalihkan teknologi, namun juga harus memperhatikan berbagai aspek terutama soal kesiapan daerah sebagai garda terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat Indonesia.

“Kita harus mendudukan dulu bahwa tugas KPI dan KPID adalah menampung aspirasi publik. Jadi apa yang didapat mereka? Ini pertanyaan penting, makanya kita buat tim gugus,” kata Adiyana.

Sementara itu, Komisioner KPI Pusat, Irsal Ambia mengatakan bahwa koordinasi antara KPI Pusat dan di daerah sudah berjalan baik. KPI pusat telah melakukan sosialisasi yang melibatkan KPI daerah yang ada di 10 kota.

“KPI Pusat dan Daerah selama ini aktif dalam berbagai macam diskusi terkait penyelengaran digital (ASO). Kami memberi banyak catatan dan masukan satu sama lain,” imbuh Irsyal.

Provinsi Jawa Barat akan masuk gelombang pertama dalam uji coba ASO yang efektif dilaksanakan pada Juni mendatang.

Seperti diketahui, perjalanan panjang TV digital telah menemukan titik terang seiring ditetapkannya UU Cipta Kerja No 11 tahun 2020, yaitu terkait dihentikannya seluruh siaran TV analog di Indonesia yang akan beralih ke digital. (MSN/SON)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password