Kisah Perempuan Shalehah yang Selalu Mengamalkan Basmalah

ilustrasi-risalah-muslimah

RISALAH INSPIRA,- Kita mengetahui bahwa bacaan Basmalah memiliki fadhilah yang luar biasa. Tidak hanya ketika membaca Al-qur’an saja, ada baiknya juga ketika kita hendak melakukan suatu kegiatan membaca basmalah terlebih dahulu.

Dalam berakhlak, membaca basmalah untuk memulai sesuatu yang baik menurut agama dan negara sangatlah dianjurkan. Karena dengan membaca basmalah akan menambah keberkahan, memuji Allah dan bacaan shalawat kepada kanjeng Nabi Muhammad saw.

Dalam sebuah keterangan dijelaskan bahwa sesuatu yang baik dan tidak didahului oleh bacaan basmalah seperti domba yang patah tanduknya, dalam artian tidak bernilai.

Di ceritakan dalam kitab Nawadir karangan Ahmad Syihabuddin bin Salamah Al-Qulyubi bahwa dulu ada seorang wanita sholehah yang selalu membaca basmalah dalam setiap aktivitasnya. Tetapi, ia ditakdirkan memiliki suami yang fasik dan durhaka yang sangat terganggu dengan apa yang istrinya lakukan, karena dikit-dikit membaca basmalah, sehingga suaminya timbul rencana buruk yang bertujuan untuk menjebak istrinya.

Suaminya sengaja memberikan dompet dan menyuruh untuk menjaganya. Ia pun menaruh dompet tersebut di dalam lemari sambil membaca basmalah. Kemudian, menutupnya dan menguncinya juga sambil membaca basmalah. Ketika istrinya pergi, rencana si suami pun mulai dilaksanakan, ia membuka lemari itu dan mengambil dompetnya, kemudian membuangnya ke sumur. Tujuan suami tersebut yaitu agar bisa memarahi dan mencela perilakunya yang sering membaca basmalah.

Ketika istrinya datang, sang suami pun langsung berkata: “Di mana dompetnya?” Dia pun langsung menuju ke lemari, namun seperti biasa sebelum membuka nya ia membaca basmalah terlebih dahulu, dan memberikan dompet kepada suaminya. Sang suami pun terheran-heran kenapa dompetnya bisa kembali lagi, kemudian sang suami pun bertaubat terhadap tindakannya dan percaya terhadap keistimewaan basmalah.

Allah SWT mengetahui segala sesuatu, termasuk hambanya yang ingin dimarahi dan dicaci maki, oleh karena itu Allah memerintahkan kepada malaikat Jibril untuk mengambil dompet yang telah dibuang suaminya ke sumur dan ditempatkan kembali ke dalam lemari tersebut. Dan kun fayakun, dengan fadilah sang istri yang selalu mengamalkan basmalah dan atas kekuasaan Allah SWT dompet tersebut utuh di dalam lemari.

Hikmah yang dapat kita ambil dari kisah ini yaitu kita harus bisa mengamalkan lafadz Bismillahirrahmanirrahim setiap memulai pekerjaan yang tentunya dianggap baik oleh agama dan juga negara lainnya. Selain itu juga, mengharap keberkahan dan dijauhkan dari hal-hal yang akan mencelakakan diri kita baik dhohir maupun batin.

Penulis: Hardiyanti Novi***(Magang)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password