Kisah Hewan yang Dibenci Rasulullah SAW

RISALAH INSPIRA,- Cicak merupakan hewan berjenis reptil merayap dan memiliki kaki empat yang sering berkeliaran di dinding dan di atas rumah. Hewan ini termasuk hewan yang dibenci oleh Nabi Muhammad SAW. Bahkan, Rasulullah pun menganjurkan untuk membunuhnya.

Awal mula cicak dibenci oleh Nabi SAW, karena pada saat Nabi SAW bersembunyi di dalam gua, kemudian suara cicak tersebut sangat keras sehingga persembunyian Nabi SAW menjadi terbongkar oleh musuh.

Tak hanya Nabi Muhammad SAW, bahkan Nabi Ibrahim AS juga memiliki cerita tentang cicak sehingga Nabi Ibrahim pun membencinya.

Diceritakan bahwa yang menyebabkan kobaran api pada saat Nabi Ibrahim AS dibakar, api tersebut menjadi besar karena ditiup oleh cicak.

Dilansir dari laman MalangTerkini.com ada beberapa alasan kenapa cicak dijadikan sebagai hewan yang dibenci Nabi SAW.

Suatu kisah, ketika Rasulullah SAW bersembunyi di gua Tsur, tiba-tiba terdengar suara cicak yang besar, sehingga menarik perhatian kaum Quraisy untuk masuk ke dalam gua.

Untung saja niatan tersebut tidak terlaksana, sebab diselamatkan oleh jaring laba-laba. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda :

“Barang siapa yang membunuh cicak dengan sekali pukulan, maka dituliskan baginya pahala seratus kebaikan, dan barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama. Dan barangsiapa yang memukulnya lagi, maka baginya pahala lebih kurang dari yang kedua” (HR.Muslim)

Lalu, ketika Nabi SAW sedang khusyuk menunaikan ibadah shalat, tiba-tiba datang seekor cicak di atas masjid dan membuang kotoran tepat mengenai tubuh Rasulullah SAW.

Rasulullah bersabda : “Barang siapa yang membunuh cicak, maka Allah SWT akan menghapuskan tujuh kesalahan atasnya.”

Itulah beberapa alasan mengapa cicak menjadi hewan yang dibenci oleh Nabi Muhammad SAW.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password