Keren! Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gunakan Metode Cast in Situ, Apa Itu?

BANDUNG INSPIRA,- Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang dilaksanakan PT. KCIC tak hanya menghadirkan moda transportasi baru bagi Indonesia, tapi juga sebagai ajang transfer teknologi bagi SDM di bidang konstruksi dalam negeri. Salah satunya adalah metode Cast in Situ, yang mana merupakan salah satu teknik pengecoran.

GM Corporate Secretary PT. KCIC, Mirza Soraya mengatakan proyek KCJB ini membawa banyak teknologi dan metode baru di bidang konstruksi, dan akan memberikan pengalaman dan pembelajaran baru bagi perencana pembangunan.

Transfer teknologinya akan dilakukan antara SDM Tiongkok dan Indonesia yang diwakili oleh Wijaya Karya (WIKA).

Cast in Situ adalah metode cor ditempat langsung 1 span full. Cara ini sudah pernah dilakukan di Indonesia, namun biasanya tidak langsung selesai. Biasanya dicor bertahap sedangkan saat ini cor langsung jadi full,” ujarnya melalui rilis resmi PT. KCIC, Rabu (13/10).

Menurut Mirza, metode ini memiliki kelebihan dari sisi fleksibilatas pengerjaan yang lebih baik dibanding metode precast yang lebih umum di Indonesia.

Selain itu, transfer pengetahuan juga terjadi di area casting yard yang merupakan tempat pembuatan girder box. Meski serah terima tidak dilakukan secara langsung, namun tenaga kerja lokal dilibatkan secara langsung dalam proses pengerjaannya.

“Transfer teknologi juga terjadi dalam pengerjaan slab track. Komponen ini adalah bantalan rel untuk kereta. Rel yang dicor menggunakan beton membuat trek tidak memperlukan bebatuan sehingga memudahkan perawatan,” kata dia.

Mirza yakin dengan transfer teknologi dan pengetahuan ini akan dapat pengalaman dan pengetahuan baru juga bisa meningkatkan kemampuan SDM di Indonesia di bidang konstruksi.

“Melalui kerja sama dan pendampingan, secara tidak langsung kemampuan dan pengalaman tenaga lokal akan meningkat melalui insight yang diperoleh dari proyek ini,” kata Mirza. (SON)

 

Penulis: Wira Aditama
Editor: Agia Aprilian

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password