Kenalkan Spoken Dance, “Crochet” Tampilkan Sisi Kelahiran Manusia

Foto: Istimewa

BANDUNG INSPIRA,- Yayasan Seni Pertunjukan Etam unjuk gigi dalam sebuah penampilan karya di Musik Gudang, Ruang Putih Bandung. Mereka mempersembahkan sebuah karya hasil gabungan dari beberapa seni yang dipadupadankan dan dileburkan menjadi satu. Karya tersebut berjudul “Crochet”.

Emmy sundari sebagai Konseptor dan Coreografer mengatakan bahwa pertunjukan Crochet ini lebih menampilkan tentang kelahiran manusia.

“Crochet ini berpesan bahwa manusia pada dasarnya dilahirkan dalam keadaan bersih dan suci. Terbentuknya karakter amnusia disebabkan oleh keadaan dan lingkungan,” kata Emmy pada beritainspira, Jumat (3/12/2021).

“Oleh sebab lingkungan, manusia terbagi menjadi beberapa karakter yang mengarah pada sifat jahat dan baik,” ujar Emmy.

Dari pertunjukan ini, Emmy ingin masyarakat melihat sebuah karya dengan peleburan seni yang didapat dari proses intelektual yang berbasis riset.

Selain itu, Emmy juga mencoba untuk memperkenalkan spoken dance pada masyarakat.

“Melalui karya ini, kami ingin mengenalkan pada khalayak umum karya seni spoken dance dimana penari diiringi dialog puisi yang disajikan secara verbal, dan diiringi beberapa musik secara verbal juga berupa akapela,” katanya.

Adapun tim yang terlibat yakni :

Director : Kristo Muliagan Robot
Coreografer : Emmy Sundari
Dancer : Emmy Sundari and Indira Tamaya
Music Composer : Mirna Nurmala
Writer and Poetry Reader : Anzar Mustikowati and Bara Ramadhan
Lighting Designer : Joko Kurnain
Lighting man : Rifa Ipang

Berikut sinopsis karya pertunjukan “Crochet”

Aku, kamu adalah korban dari gairah manusia-manusia yang berhasrat rayuan. Hingga segalanya ditata rapih, serapih kado, diikat pita, berlandas doa. Ada suara tangisan, ada nyanyian, ada rintihan juga pengaduan. Aku, kamu adalah bayi-bayi itu yang dengan suci dilahirkan dan dibesarkan oleh keadaan. Lalu bagaimana kita akan lahir jika dunia terlalu kejam untuk menerimaku? (GIN)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password