Kementerian PUPR Janjikan 400 Ribu Rumah Bagi Pemulung, Pengemis dan Gelandangan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bangun rusun untuk pemulung dan pengemis
Rusun diharapkan dapat menjadi tempat untuk memberdayakan masyarakat tidak berpenghasilan.

BANDUNG BERITA INSPIRA,- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun Rumah Susun sebagai tempat tinggal sementara yang layak bagi masyarakat tidak mampu.

Penerima bantuan akan menargetkan masyarakat yang masuk pada kategori Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), di antaranya pemulung, gelandangan, pengemis, manusia gerobak, lansia, dan kalangan terlantar.

Pembangunan hunian vertikal tersebut sekaligus sebagai tempat pemberdayaan dan pengembangan usaha ekonomi produktif yang bekerjasama dengan Kementerian Sosial.

“Diharapkan nantinya rusun dapat menjadi tempat untuk memberdayakan masyarakat tidak berpenghasilan dari tempat lain, serta dapat mengurangi kekumuhan di lokasi sekitar,” ucap Menpupera, Basuki Hadimuljono dalam siaran pers, Selasa (9/2/2021).

Basuki menjelaskan, keberadaan rusun nantinya akan digunakan sebagai hunian sementara sebagai standar hidup layak bagi PPKS, setelah terlebih dahulu mengikuti rehabilitasi, pelatihan vokasional, dan pembinaan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Balai Rehabilitasi Sosial.

Pembangunan rusun sebagai tempat tinggal yang layak huni bagi PPKS merupakan bagian dari Program Sejuta Rumah Kementerian PUPR melalui Ditjen Perumahan. Sejak dicanangkan pada 29 April 2015, capaian Program Sejuta Rumah secara bertahap mengalami peningkatan. Pada tahun 2015–2019, Kementerian PUPR total telah membangun 4.800.170 unit rumah.

Rencananya, di tahun 2021 pemerintah akan membangun sebanyak 404.682 unit rumah, termasuk rumah susun dengan jumlah hampir sepuluh ribu.

Selain pengembangan rumah susun, Kementerian PUPR dan Kementerian Sosial akan bekerjasama dalam aspek pemberdayaan masyarakat. (SON)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password