Ngantuk? Ini Cara Bayar “Utang” Tidur untuk Tingkatkan Produktivitas

LIFESTYLE INSPIRA,- Tidur merupakan sebuah aktivitas sehari-hari yang dilakukan setiap orang. Kualitas tidur memengaruhi kesehatan fisik, mental, dan kualitas hidup seseorang. Dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup, mampu meningkatkan produktivitas, keseimbangan emosional, juga kesehatan otak dan jantung.

Melansir laman halodoc, kurang tidur dapat memengaruhi suasana hati, energi, kondisi mental, dan kemampuan seseorang untuk mengatasi stress.

Memenuhi kebutuhan waktu tidur merupakan bagian dari hidup sehat, Setiap orang memiliki waktu tidur yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan, namun normalnya setiap orang dewasa membutuhkan waktu tidur sebanyak 7 jam sampai 8 jam per hari.
Apabila kurang tidur dalam jangka waktu yang lama,dapat meningkatkan risiko mengalami obesitas, penyakit jantung, hingga diabetes.

Kehilangan jam tidur sesuai kebutuhan dapat mengganggu daya pikir, ini biasa dinamakan utang tidur. Semakin besar utang tidur, semakin tubuh tidak bisa mendeteksinya. Utang tidur adalah selisih antara jumlah tidur yang ideal dengan jumlah tidur yang sebenarnya didapatkan.

Cara yang tepat untuk membayar utang tidur adalah dengan menambah jam tidur, namun penambahan waktu tidur ini tidak boleh terlalu banyak, hanya boleh sekitar 1-2 jam.

Jika kamu melewatkan 10 jam selama seminggu, tambahkan 3-4 jam tidur pada akhir pekan atau 1 – 2 jam ekstra per malam pada minggu berikutnya sampai utangnya lunas. Atau jika kamu berhutang tidur selama 5 jam, kamu bisa menambah waktu tidurmu sebanyak 1 jam selama 5 hari. Memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melunasinya.

Selain itu, dilansir dari alodokter, selain menambah jam tidur, bisa juga melunasi utang tidur dengan cara tidur siang selama 15-30 menit saja. Jangan malah terlalu lama karena akan membuatmu kesulitan tidur di malam hari dan membuat utang tidurmu semakin bertambah.

Namun apabila utang tidurmu sudah menumpuk hingga berbulan-bulan atau bertahun-tahun yang mana sulit untuk melunasinya, coba untuk mulai menerapkan jam tidur yang ideal, cukupi waktu tidurmu setiap malamnya agar selalu sehat karena kurang tidur memiliki risiko yang berat.  (GIN)

 

Penulis: Nadiana Tsamratul
Editor: Gina Tartila

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password