Keistimewaan Sedekah di Hari Jumat

RISALAH INSPIRA,- Sedekah merupakan salah satu amalan ibadah yang besar pahalanya, keberadaannya bukan hanya berkaitan dengan penghambaan kepada Sang Khaliq, namun juga merupakan sikap solidaritas kepada sesama manusia. Allah memuji orang yang bersedekah tidak hanya dalam satu ayat, namun di beberapa ayat di Qur’an.

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

“(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan memanfaatkan sebagain rizki yang kami anugrahkan kepada mereka.” (QS. Al Baqarah :3)

وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ، الَّذِينَ إِذا ذُكِرَ اللهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَالصَّابِرِينَ عَلى مَا أَصابَهُمْ وَالْمُقِيمِي الصَّلاةِ وَمِمَّا رَزَقْناهُمْ يُنْفِقُونَ

“Dan berilah kabar gembira kepada orang – orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (yaitu) orang – orang yang apabila disebut nama Allah gemeterlah hati mereka, orang – orang yang sabar terhadap apa yang menipah mereka, orang – orang yang mendirikan sembahayangan dan orang – orang yang memanfatkan sebagian dari apa yang telah kami beri rizki kepada mereka.” (QS. Al Hajj :34-35)

Imam Syafi’I pernah berkata tentang keajaiban sedekah

“Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jum’at. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rizki jika kita bersedelah. Nabi bersabda, Dan di hari Jum’at pahala bersedekah dilipatgandakan.” (Imam al Syafi’I, al – Umm, juz 1, hal.239)

1. Sedekah di hari Jum’at termasuk amal soleh

Dalam salah satu riwayat hadits disebutkan, bahwasannya Rosulullah pernah bersabda “Sesungguhnya hari yang paling afdhal adalah hari Jumat. Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untukku. Karena shalawat kalian diperlihatan kepadaku.” (Al-Iqna’, 1-170)

Jika melihat kepada hadits tersebut, maka Rasulullah menganjurkan untuk memperbanyak sholawat di hari Jum’at karena termasuk pada hari yang paling afdal. Meskipun begitu, sedekah pun termasuk pada amalan sholeh yang seharusnya pun diperbanyak untuk dilakukan pada hari jum’at.

Pada dasarnya, sedekah adalah sebuah kegiatan yang baik dan bagus dilakukan. Bahkan merupakan amalan yang paling dicintai Allah. Sementara, hari Jum’at adalah hari terbaik jika dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Jika amalan yang dicintai oleh Allah ini dilakukan pada hari yang paling baik, tentu syafaat dan ganjaran kebaikannya pun akan lebih tinggi. Tak heran jika sedekah di hari Jum’at dinilai menjadi amalan sholeh yang sangat dianjurkan.

2. Seperti sedekah di bulan Ramadhan

Keutamaan melakukan sedekah di hari Jum’at jika dibandingkan dengan hari lainnya adalah karena bersedekah di hari itu sama halnya seperti sedekah di bulan ramadhan.

Ibnu Qayyim berkata,”Sedekah di hari jum’at disbanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sdekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan – bulan lainnya.

3. Sedekah dilakukan secara sembunyi-sembunyi

Sedekah pada hari Jum’at lebih baik dari pada sedekah di hari lainnya. Ibnu Taimiyah jika keluar menuju Jum’at beliau bawa apa yang ada di rumahnya lalu beliau sedekahkan dalam perjalanannya menunju masjid secara sembunyi- sembunyi.”

Sedekah yang dilakukan pada hari Jumat ini juga sangat disarankan untuk dilakukan secara sembunyi-sembunyi saat melakukan perjalanan ke masjid sebelum shalat Jumat.

Penulis : Nurwati Syahbudin***(Magang)

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password