Keakuratan Deteksi Covid-19 Pakai Metode Berkumur Dipertanyakan

Foto : Ilustrasi

JAKARTA INSPIRA,- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah bekerja sama dengan para ahli, terutama dokter telinga, hidung, dan tenggorokan, menjelaskan kepada masyarakat mengenai keakuratan dan sensitivitas hasil tes menggunakan metode kumur (gargle) di rongga tenggorokan.

“Selain itu menjelaskan cara menggunakan metode gargle sehingga dengan metode tersebut dapat efektif mencegah penyebaran dan perkembangan COVID-19 dan memberikan petunjuk saat melakukan metode gargle,” kata Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (7/7/2021).

Dia meminta pemerintah menyampaikan kepada masyarakat bahwa metode gargle dapat dipergunakan dan tidak berbahaya. Menurutnya metode tersebut juga dipakai oleh sebagian masyarakat ketika membersihkan gigi.

Baca juga: Bio Farma Siap Produksi Alat Uji Deteksi Covid-19 Metode Kumur 40.000 Unit

“Dan metode ini juga dapat digunakan bagi masyarakat yang sulit untuk melakukan tes usap pada hidung karena tersumbatnya hidung sehingga dapat menghambat proses dilakukannya tes usap,” ujarnya.

Bamsoet meminta pemerintah memastikan bahwa tes Covid-19 tersebut tetap harus dilakukan di bawah pengawasan medis dan memastikan alat tidak diperjualbelikan secara bebas. (MSN)

Sumber: ANTARA

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password