Kadinkes Sumsel Tegaskan Stok Oksigen di RS Rujukan Masih Aman

Foto: ILUSTRASI

PALEMBANG INSPIRA,Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Lesty Nuraini, menyatakan persediaan oksigen di rumah sakit rujukan yang ada di wilayah provinsi setempat hingga Juli 2021 ini masih aman atau tersedia sesuai dengan kebutuhan.

“Meskipun terjadi lonjakan pasien Covid-19 di rumah sakit yang tersebar di 17 kabupaten/kota, kebutuhan oksigen dapat dipenuhi oleh empat perusahaan penghasil oksigen yang ada di Sumsel,” kata Lesty di Palembang, Selasa (13/7/2021).

Baca juga: Total Pasien Sembuh dari Covid-19 di Aceh Capai Angka 15.733 Orang

Dia menjelaskan, perusahaan penghasil oksigen di provinsi ini seperti PT.Ligasin, Samator, Pusri, dan PT.OKI Pulp & Paper Mills setiap hari memiliki kapasitas produksi hingga 100. Sementara kebutuhan oksigen rumah sakit rujukan Covid-19 di provinsi ini masih di bawah kapasitas produksi perusahaan tersebut yakni 12 sampai 15 ton per hari.

“Melihat kondisi tersebut, produsen oksigen Sumsel masih bisa menyuplai ke provinsi lain yang akhir-akhir ini mengalami lonjakan kasus positif Covid-19,” katanya.

Menurutnya, meskipun wilayah Sumsel dalam kondisi aman persediaan oksigennya, pihaknya meminta masyarakat membantu menekan angka kasus positif Covid-19 yang mengalami peningkatan dalam beberapa bulan terakhir dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Pentingnya “Selftalk” Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Saat Pandemi

“Jika lonjakan kasus Covid-19 tidak bisa ditekan, bisa menimbulkan masalah tidak tersedianya tempat perawatan pasien dan kelangkaan oksigen di rumah sakit seperti yang terjadi di sejumlah provinsi di Tanah Air,” ujar kadinkes. (MSN)

Sumber: ANTARA 

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password