Kabar Baik Masa Berlaku SIM Kini Lebih Panjang, Begini Aturannya

Foto: Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA,- Para pemilik surat izin mengemudi (SIM) pada bulan oktober 2021, SIM yang dikeluarkan akan memiliki masa berlaku yang lebih panjang dibandingkan dengan sebelumnya.

Dengan SIM yang masa berlakunya lebih panjang ini akan membantu para pengemudi mobil dan motor di Indonesia. Karena mereka jadi tidak perlu lagi sering-sering untuk melakukan perpanjangan SIM.

Perlu diketahui kalau saat ini, masa berlaku SIM baru menjadi benar-benar 5 tahun tepat. Hal itu diatur dalam kebijakan Smart SIM yang baru diresmikan pada tahun 2019 lalu.

Selain itu, masa berlaku SIM yang lebih panjang diatur dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

Pasal 41 ayat (3) menjelaskan kalau data jangka waktu berlakunya SIM sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b angka 2, harus sesuai dengan tanggal dan bulan kelahiran calon Pengemudi.

Selanjutnya, pada ayat (4) disebutkan, tanggal, bulan, dan tahun penerbitan SIM sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b angka 3 ditetapkan sebagai saat mulai berlakunya SIM.

Dari sini, kita menjadi tahu kalau aturan penggunaan SIM sudah berubah. SIM tak lagi dilihat berlaku berdasarkan tanggal lahir, melainkan pada saat tanggal pembuatan SIM itu sendiri.

Contohnya, SIM yang dibuat pada 2 Desember 2021 dengan tanggal lahir si pembuatnya 6 Oktober 2021. Jika mengikuti aturan sebelumnya, maka SIM hanya akan berlaku sampai tanggal 6 Oktober 2026.

Namun dengan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012, SIM tersebut akan berlaku sampai 2 Desember 2026 sehingga menjadi tepat lima tahun. (MSN)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password