Inovasi PUPR Bangun Tol Semarang-Demak Pakai 17 Lapis Bambu

Foto: Istimewa

BANDUNG INSPIRA,- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI berinovasi kembali dalam pembangunan jalan tol Semarang-Demak. Dilansir dari laman akun Instagram resmi milik PUPR, tol Semarang-Demak terdiri atas dua seksi.

Pembangunannya dilakukan dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha dengan nilai investasi proyek mencapai Rp 5,4 triliun.

Menurut Kementerian PUPR, pembangunan jalan bebas hambatan sepanjang 26,7 km itu akan menggunakan sistem matras 17 lapis bambu besar untuk kontruksi jalannya.

Saat ini tengah dilakukan pengujian untuk mengatur kelayakan bahan bambu sebagai sistem matras.

Baca juga: Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Presiden Jokowi: Indonesia Punya Kekuatan Hadapi Tantangan

Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya dukung tanah dasar di lokasi kontruksi jalan tol Semarang-Demak. Pengujian ini baru pertama kali dilakukan, dan diharapkan menjadi terobosan baru untuk solusi perkuatan tanah lunak yang murah dan tepat guna.

Pengujian terdiri dari uji tarik sistem matras bambu dan uji lentur sistem. Hal ini karena pembangunan tol Semarang-Demak, terintegrasi dengan tanggul laut sesuai rencana struktur timbunan di atas lautnya akan diperkuat 17 lapis bambu.

Tanggul laut yang terintregrasi dengan jalan tol ini merupakan kontruksi pertama kali dilaksanakan di Indonesia sehingga menjadi tantangan tersendiri. Konstruksi seksi 1 ditargetkan akan dimulai pada Januari 2022 dan selesai tahun 2024. (MSN)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password