Inilah Usia Maksimal Manusia Menurut Riset Terbaru

fase-umur-manusia
Ilustrasi: sciencephoto

SAINS INSPIRA,- Pernahkah Anda bertanya-tanya, berapa usia maksimal yang bisa dicapai manusia dalam kondisi saat ini? Para ilmuwan akhirnya mengungkapkan batas usia maksimum untuk manusia.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan o di sebuah perusahaan bioteknologi Singapura, Gero, telah mengungkapkan bahwa umur maksimal manusia adalah 150 tahun.

Gero menganalisis seberapa baik tubuh manusia pulih dari penyakit, kecelakaan, atau apapun yang memberi tekanan pada sistem imunitas.

Hasil mengungkapkan ketahanan dasar ini menurun seiring bertambahnya usia.

Usia 80 tahun membutuhkan waktu tiga kali lebih lama untuk pulih dari stres, dibandingkan rata-rata manusia berusia 40 tahun, misal.


Baca juga:
Tanda-Tanda Kamu ‘Kolot’ Menurut Kaum Gen Z, dari Pemilihan Kopi Hingga Emotikon

Menurut analisis, ketahanan tubuh manusia benar-benar menghilang pada usia antara 120 dan 150 tahun. Dengan kata lain, pada titik tertentu tubuh manusia kehilangan semua kemampuan untuk pulih dari hampir semua pemicu stres.

Melansir WION, kesimpulan ini didapat para ahli dengan melihat data kesehatan untuk kelompok besar dari Amerika Serikat, Inggris, dan Rusia.

Tim peneliti melihat jumlah sel darah serta jumlah langkah yang dicatat oleh perangkat yang dapat dikenakan, seperti smartwatch.

Ketika seseorang mengalami stres yang berbeda, fluktuasi sel darah dan jumlah langkah menunjukkan bahwa waktu pemulihan bertambah lama seiring bertambahnya usia seseorang.

Sementara itu, dalam penelitian lain, para peneliti bahkan memprediksi maksimal usia hanyalah sampai 138 tahun.

Meski demikian, belum ada bukti tercatat manusia mampu hidup melewati usia 130 tahun.

“Studi ini menjelaskan mengapa pencegahan dan pengobatan penyakit yang berhubungan dengan usia yang paling efektif pun hanya dapat meningkatkan rata-rata, tetapi tidak mencapai umur maksimal kecuali terapi antipenuaan yang saat ini telah dikembangkan,” kata Andrei Gudkov, staf di Roswell Park Comprehensive Cancer Center.

Ke depannya, para ahli berharap dapat membuka jalan untuk tidak hanya memaksimalkan rentang hidup, tetapi juga kualitas hidup yang lebih tinggi. (SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password